KERENNYA ACARA YOUTHSPARK COMPUTER SCIENCE & WORK READINESS

1:58 PM

Holaaaa gilrs and boys hehehe because this time my post is not about beauty i would really love if anyone could read it. Love. xoxo 

So, beberapa hari yang lalu aku kembali mendapatkan undangan dari Yayasan Cinta Anak Bangsa atau YCAB Foundation buat dateng ke acara mereka yang keren banget. Kenapa bisa aku bilang keren? Yap… karena sebenarnya cara mereka yang bakal aku bahas di postingan kali ini udah yang ke-3 kali nya diselenggarakan. And then…kenapa aku bilang “aku kembali diundang” karena di dua tahun kemarin aku juga selalu datang ke acara mereka ini dengan nama yang berbeda. Eh, apa nya yang beda? I mean….aku datang membawa nama kantor (karena aku bekerja di media) hehehe tapi tahun ini aku dapat kesempatan diundang langsung sebagai blogger, Yeaaay! I’m so happy. 



Jadi sebenarnya ada acara apa sih? So… YCAB Foundation bersama Microsoft Indonesia, Universitas Gadjah Mada dan Pemerintah DIY kembali melangsungkan program YouthSpark Computer Science & Work Readiness. Widiiih…. berat ya namanya? hehehe tapi program ini sebenarnya bukan program yang “seberat” kamu bayangin kok. 

Singkatnya nih, program ini ditujukan buat para pelajar setingkat SMP dan SMA yang tentunya berbakat buat diajarin ‘code-code’ an hahaha, bukan nge kode-in gebetan tapi belajar tentang ilmu teknologi. Serunya lagi, program ini memang sengaja ditujukan buat seluruh pelajar yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta yang justru ada di daerah-daerah, atau “maaf” bukan sekolah unggulan. Kenapa??? Karena biasanya memang di sekolah-sekolah ini para pelajar kurang mendapatkan pelajaran IT tapi banyak bibit bibit tersembunyi yang ada disana hehehhe. 



Nah….program ini nih mencari para dedek gemes berbakat buat diasah kemampuannya. Mereka juga dibagi jadi beberapa grup dari masing-masing sekolah buat bikin aplikasi-aplikasi keren, bikin aplikasi games, aplikasi seputar kehidupan sosial, dan juga diajarkan tentang ide bisnis bahkan konsep buat mencari lapangan pekerjaan. Waaah waaah…. dulu waktu masih sekolah kayaknya aku belum kepikiran deh soal itu hahaha. 

Di tahun ke-3 ini, ada sekitar 2000 pelajar yang dapet kesempatan buat ikutan program ini, yang akhirnya di seleksi menjadi beberapa finalis, lalu di pilihlah pemenang melalui penjurian dan juga pemenang favorite alias yang paling banyak suka gitu lhoooo…. 



Terus nih terus…setelah memasukin segala proses seleksi dan penjurian, masuklah ke acara inti dimana aku dan temen-temen blogger diundang buat dateng dan ngeliat langsung hasil karya si adek-adek yang umurnya cuma beda setahun gitu sama aku. percaya aja yaaaa hehehe 

Seru banget gengsss!! Like really? How could they make a cool apps like that??? Aku aja yang udah se-tua ini nggak bisa lhoooo….. 100 thumbs for them, oh even 1000 maybe hahaha. 

Keren banget! Aku merasa bahagia bisa terjun dan ngeliat langsung hasil karya mereka yang super keren itu, jadi pengen cepet-cepet punya anak, lhoo?? Nggak nyambung. 




Nah, di hari kedua aku dan temen-temen blogger juga diajak buat ikut sharing bersama salah satu perwakilan dari Microsoft Indonesia, YCAB Foundation dan pemerintahan DIY buat mengenal lebih jauh tentang pengambangan JOGJA CYBER PROVINCE. apa itu JOGJA CYBER PROVINCE ? Well ini adalah program yang tujuannya buat meningkatkan kesadaran anak muda terutama yang ada di DIY buat mengerti dan memahami bahwa teknologi ini penting banget buat mengubah masa depan jadi jauh lebih baik dari sekarang. Amin. Langkah awal yang bakal dilakuin dalam program ini adalah melaunching E-rapport. Terus… apaan sih e-rapport ini? Well, ini adalah solusi digital buat mengoptimalkan rapor siswa, selain menghemat penggunaan kertas, aplikasi yang bakal di launching lebih dari 50 sekolah di Jogja ini juga bakal mempermudah siswa, guru serta orang tua mengontrol nilai mereka. Hmmm… keren keren!! 



Jadi pengen balik sekolah lagi nggak sih?? Kalau aku sih engga hahaha karena ngga mau ujian lagi :P 

Tapi this is seriously so cool !! Semoga nih semua pelajar yang udah dapet kesempatan dapet program ini bisa terus memanfaatkan keahlian mereka. Terus nih adek-adek yang akhirnya jadi pemenang bisa terus mengembangkan aplikasi yang udah mereka bikin juga. Semoga juga nih, tahun depan ada lagi hehe Amin. Harus ada lagi dong ya!!! Because for me this is so cool. Bahkan mungkin ini pertama kalinya aku sebagai blogger bisa meliput dan langsung sharing sama kalian semua tentang acara yang super cool and so far from beauty and fashion. 



Oh iya, kalau kalian penasaran sama program ini, bisa kok langsung kepoin aja Instagram @YCABFoundation . Disana lengkap banget nih penjalasan serta gimana program ini berjalan, mau ikutan??? Bisa juga kok! Langsung tanya ke mereka aja tapi yaaa hehehehe. 

Special thanks to Mba Ester, Mba Agnes, Mas Reza dan Mas Gery yang sudah mengundang aku dan temen-temen blogger Jogja ke event ini. Ditunggu event-event kerennya lagi yaaa! :D 



You Might Also Like

4 comments ♥

  1. Waaaah asyik ya dateng barengan bisa foto-foto. Aku nggak punya foto diriku haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jadi gak bias foto rame-rame kan kita di hari pertamanya :(

      Delete
  2. Aaaahk, jadi keinget jaman masih aktif jadi MSP 😔 Seneng yaah Nia ngeliat antusias dedek dedek yg masih muda bisa berkarya kayak gitu, jadi nambah semangat 💪

    ReplyDelete
  3. Love this amazing blog, even though I have to translate it first. Thank you for sharing, cannot wait for the next interesting post!!!

    xxx

    www.noragouma.com

    ReplyDelete

Instagram Feed