Pameran Usaha Kehutanan (PUSAKA) Yogyakarta 2018 di Hutan Pinus Mangunan

11:19 AM



Weekend kali ini di isi dengan kegiatan yang sangat sangat bermanfaat nih gaes. Aku dan temen teman blogger Yogyakarta berkesempatan buat main ke acara Pameran Usaha Kehutanan (PUSAKA) Yogyakarta di Hutan Pinus Mangunan. 

Apa sih itu PUSAKA? 
Jadi, PUSAKA ini adalah Pameran Usaha Kehutanan yang diselenggarakan oleh KPHP (Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi) di seluruh Indonesia. Acara ini bertujuan buat mengenalkan ke masyarakat luas kalau Kementrian Kehutanan beserta KPHP ini sangat peduli dengan lingkungan serta hutan hutan yang ada di seluruh Indonesia. Salah satu bentuk kepeduliannya adalah dengan membuat atau membangun sebuah usaha mandiri yang di kelola oleh masyarakat lokal masing-masing daerah. 

Booth dari BPHP XI Samarinda 


Nah, usaha nya ini nggak cuma pengelolaan hutan aja kok gaes. Tapi juga berbagai usaha mandiri lainnya misalnya penanaman madu, perkembangbiakan udang, pengelolaan ulat sutera dan masih banyak lagi. Biasanya dari masing-masing daerah atau provinsi sudah punya program sendiri-sendiri. 

Kalau dari kota Yogyakarta sendiri, salah satunya adalah Hutan Pinus Mangunan yang biasanya kamu datangi buat foto-foto cantikssss. Nah, Hutan Mangunan ini juga program dari KPHP lhooo, dan langsung di kelola sama warga lokal sekitar. Nanti hasil dari pengelolaan seperti biaya masuk (karcis), biaya parkir atau biaya sewa tempat hasilnya akan dibagi dua, untuk masyarakat lokal dan untuk pemerintah. Tapi…masyarakat lokal yang pastinya mendapatkan lebih banyak bagian dari sini. 



Salah satu tujuan dari KPHP ini sebenarnya ngga cuma buat melestarikan Hutan dan Lingkungan sekitar juga, tapi juga buat mensejahterakan masyarakat Indonesia dengan mengajak masyarakat lokal buat terjun langsung dalam pengelolaannya. 

Jadi… sebenarnya buat generasi muda atau milenial kayak kita (kitaaa? aku sok muda banget deh wkwk) dengan kita memviralkan suatu tempat wisata yang dikelola, terus ikut membayar tiket masuk, dan tertib dengan tidak merusak lingkungan itu kita sudah ikut membantu program pemerintah dalam melestarikan lingkungan hidup dan hutan, lhooo! So, tanpa sadar sebernarnya social media yang sering banget kita pakai itu adalah sebuah media yang bisa membantu pemerintah. 

Jadi lebih paham kan, kalau social media dan segala hal yang generasi milenial lakukan itu sebenarnya ngga melulu hal negatif, tapi juga sangat positif kalau dilakukan dengan cara yang benar. 

Pak Jowoi saat mengunjungi masing-masing booth di PUSAKA 


Dari acara kemarin juga aku berkesempatan buat bertemu dan melihat secara dekat Presiden Jokowi, walaupun ngga bisa foto karena pengamanan nya yang super ketat, tapi yaaa gak apa deh wkwkw. But… aku sempet bertemu, salaman dan ngobrol sebentar sama Ibu Siti Nurbaya selaku Menteri Lingkungan Hidup dan Kementrian Indonesia. Suatu pengalaman yang luar biasa sih buat aku, nggak bakalan terlupakan dan tentunya pesan dari Ibu Siti juga nggak boleh dilupakan. Kalau kita sebagai anak muda ini harus menjadi pelopor melestarikan Lingkungan dan Hutan. Kalau bukan kita, siapa lagi?? heheheh 

Bersama ibu Siti Nurbaya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia. Interview lengkap dengan Ibu Siti bisa kamu lihat di youtube channel aku yaa. 


Nah…kemarin aku juga main ke boothnya Produk Pangan KPHP dari BPHP wilayang XI Samarinda. Di booth ini ada berbagai macam produk pangan yang dikelola juga sama warga lokal di Kalimantan Timur. Di booth ini juga ada yang unik, yaitu tanda tangan berupa cap jari. Tapi ngga sekedar tanda tangan doang lhooo. Soalnya satu tanda tangan kamuu itu berarti kamu sudah menyumbangkan 1 pohon buat Hutan Lestari. yeaaay!!! 









Nah, acara ini berlangsung dari tanggal 28-29 September 2018 di Hutan Mangunan Yogyakarta. Semoga acara yang super seru dan sangat bermanfaat ini bisa berlanjut setiap tahunnya yaaa! 









Jangan lupa juga buat melestarikan Hutan, gaess! Kalau kamu mau lihat secara lengkap soal wawancara dengan Ibu Siti Nurbaya, langsung aja nonton di Youtube Channel aku yhaa! 

CLICK HERE: 








You Might Also Like

1 comments ♥

  1. BEBB SERU YA! jadi pengen jalan jalan begini lagi hehehehe
    btw kamu edit video pake apa sih? lucu bangettt

    ReplyDelete

Instagram Feed