HOW TO TAKE A GOOD OOTD'S PICTURE

9:45 AM


Sebagai yang katanya “fashion blogger” , pertanyaan-pertanyaan soal fashion itu sering banget aku dapetin. Terutama nih yang paling sering adalah “Gimana sih cara OOTD yang bagus?” hehehe karena kebiasaan OOTD itu sendiri sebenarnya udah menjamur banget sekarang. Aku masih inget banget beberapa tahun yang lalu rasanya jarang banget ngeliat OOTD post di Instagram dan biasanya yang melakukan OOTD itu cuma kalangan blogger atau fashion enthusiast. Tapi….seiring berkembangnya jaman, OOTD kayaknya bisa banget dilakuin semua orang, semua kalangan dan siapapun yang mau deh hehehe. 

Karena banyaknya pertanyaan dan permintaan sharing soal Gimana sih OOTD yang kece? lewat postingan kali ini aku mau share ke temen-temen soal OOTD tadi. Semoga bermanfaat yaaa!!! 



Well, sebenarnya OOTD itu gampang gampang susah. Asalkan kamu udah tau formula yang tepat, selanjutnya sih gampang gampang aja. Nah, aku mau ngasih tau beberapa formula inti biar OOTD kamu semakin kece dan banyak yang ngelikes di Instagram hehehe *penting banget*. Oh iya, di postingan kali ini aku bakalan bahas OOTD secara general yaaa, so aku nggak bakal nge share soal “baju apa yang bagus buat OOTD” tapi lebih ke formula teknis yang bisa kamu pakai waktu mau foto OOTD. Karena kalau ngomongin soal style…. like i always said… itu balik ke pribadi masing-masing, so it kinda hard to judge or i can say we can’t judge people’s style. 

1. Background 



Pertama dan yang paling adalah memperhatikan background foto. Yap, penting banget gaes. Tips nya ada dua nih. Pertama, pilih background yang cenderung polos kalau kamu udah pakai baju yang “ramai”, sebaliknya kamu bisa memilih background yang lumayan ramai kalau lagi pakai baju yang “polos”. Kenapa? karena foto OOTD kan fokusnya ke apa yang kamu pakai, jadi pemilihan background sangat bisa mempengaruhi apakah outfit yang kamu pakai hari itu terlihat atau engga. 

2. Lighting 




Next, kalau udah nemu background yang pas kamu bisa mencari pencahayaan yang cukup. Yes, cahaya yang paling sempurna adalah cahaya matahari yang Tuhan berikan ke kita. So, kamu bisa deh memilih jam jam dimana matahari nya masih oke banget buat foto. Biasanya kamu bisa memilih di pagi hari sebelum jam 10 atau sore hari saat golden time. Tinggal pilih mau cahaya yang seperti apa. Kalau mau efek cahaya yang lebih cold, kamu bisa foto di pagi hari, kalau mau efek cahaya yang lebih warm kamu bisa foto di sore hari. 

Terus…. kalau kamu mau foto di dalam ruangan, usahakan cari tempat yang paling terang atau di dekat jendela. Kamu juga bisa menghindari foto di ruangan yang punya lampu berwarna kuning, kecuali kamu emang anaknya memperhatikan feed banget dan suka feed yang warnanya kuning banget hehehe. 

3. You need a Mirror 



Ini penting banget sih, walaupun keliatan simpel tapi berkaca sebelum memulai foto OOTD itu penting. Karena kita bisa tahu angle mana sih yang paling bagus buat di foto dan angle mana nih yang harus dihindari. Kamu sendiri yang bisa memahami diri sendiri kan? hehehe 

4. Pose

Ini nih biasanya yang jadi masalah hehehe bingung mau pose kayak apa adalah suatu kendala saat foto OOTD hahaha. Padahal sebenarnya pose pose itu bisa aja kita bikin sendiri sesuai sama keinginan kita. Tapi kalau masih bingung, beberapa pose berikut ini mungkin bisa membantu kamu pas mau foto OOTD girls. 

  • Walk-in Pose 


Pose ini sebenarnya adalah salah satu pose andalan aku hehehe kalau bingung mau pose apa, pose pura pura jalan bisa jadi penelamat nih girls. Tinggal angkat kaki dan pura-pura mau melangkah jalan aja. And taraa!! Kalau beneran mau jalan juga gak apa-apa, tapi jangan lupa janjian sama fotografernya yaa! heheheh 

  • Fake-Candid Pose 

Ini nih yang paling sering dilakuin cewek-cewek, "eh, fotoin candid dong" padahal kan candid itu yaa nggak bisa diatur hehehe tapi sebenarnya ya bisa aja kok. Kamu bisa pura-pura melakukan suatu hal atau menggunakan aksesoris yang kamu pakai saat itu buat menjadi objek. Misalnya, pura-pura memakai sepatu, atau pura-pura lagi nyari handphone di tas. Nah, kepura-puraan ini juga tentunya harus terencana yaa! Hehehe biar hasilnya tetap bagus. 

  • Poker-face Pose 

Atau biasa juga disebut dengan muka nggak bersalah. Paling gampang nih posenya. Tinggal diem aja tanpa ekspresi dan ngeliat ke kamera! Jadi deh! Tapi inget....ekspresi nya juga harus terkontrol yaa, jangan sampai malah melotot serem hehehe 

  • Dance-Pose 

Pose ini bisa kamu lakukan kalau pas lagi pakai baju yang berlayer atau berumbai. Tinggal gerakin badan aja, biar si baju main terlihat deh detail detailnya. 

  • Make a triangle Pose 

Ini adalah pose sekaligus saran. Usahakan selalu menekuk beberapa bagian tubuh kamu saat di foto. Karena daripada lurus lurus aja badannya, akan lebih bagus kalau ada bagian tubuh yang membentuk segitiga/dilipat deh pokoknya! <3 nbsp="" td="">

5. Angle 

Terus….kalau udah tau mau pose atau gaya kayak apa aja. Kamu bisa memilih angle yang paling tepat deh buat foto OOTD kamuuu! 

  • High Angle 


  • Low Angle 


  • Eye Level 


  • Bird Eye/frog Eye : Bisanya sih angle yang satu ini emang jarang banget dipakai buat kebutuhan foto OOTD girls. Biasanya lebih dipakai buat foto alam atau kebutuhan foto selain fashion. 


Nah…. Udah khatam belum sama beberapa point penting diatas? Eits… jangan puas dulu!! Biar foto OOTD kamu bisa semakin dan semakin kece, ada beberapa hal kecil yang sebenarnya bisa kamu perhatiin juga lhoooo. 

Make a sample photo

Hal ini penting banget apalagi kalau kamu nggak terlalu percaya sama orang yang bakal ngambil foto OOTD kamu hahaha. Bikin dan atau mengambil foto sample dimana kamu bakal berdiri disana itu penting banget lhoooo. Soalnya ini bisa ngebantu si fotografer ala-ala tadi biar bisa ngambil foto kamu sesuai ekspektasi. 


Do a small movement 

Yes, hal ini penting buat kamu lakuin waktu lagi di foto. Jangan lupa buat minta ke fotografer buat mengambil beberapa foto, jadi nggak cuma satu kali aja. Terus, gerakin sedikit sedikit badan kamu pas lagi di foto. Ganti beberapa gerakan sedikit demi sedikit aja. Ini bakal ngebantu kamu waktu pemilihan foto yang paling bagus! 

Editing! 


Ini yang paling penting dari segala proses hehehe soalnya menyamakan warna dan mengatur feed itu menurut aku penting banget sih. Biar foto jadi rapi dan enak dilihat. Selain itu, kalau hasil fotonya oke kan jadi banyak yang suka hahaha. Aku pribadi sih biasanya pakai eplikasi editing Snapseed, VSCO dan Afterlight yang ada di smartphone. Karena aplikasi ini emang dewa banget sih hahaha. Kalau kamu pakai apa nih? 


Well, segitu dulu yaaa sharing soal OOTD di artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa langsung kalian praktekan! Kalau ada saran artikel apa lagi yang mau di buat, jangan lupa komen yaa! See you…




You Might Also Like

6 comments ♥

  1. Great tips! This post is really useful for me. Thanks for sharing!
    xx

    http://www.mybeautrip.com

    ReplyDelete
  2. Wah bermanfaat banget nih tipsnya. Hihi

    ReplyDelete
  3. Waaah akhirnya, aku akan mepraktekan semuanyaa hihi. Lagi pengen memperbanyaakan foto OOTD biar nggaj gincu semua fotonya hohoho

    ReplyDelete
  4. Sharing is caring!
    Bahasanya gampang dimengerti, jadi pasti bisa langsung ngerti dan langsung dipraktekkin!

    💛
    Mallieams.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. Makasih Tipsnya Niaa. Sooo helpful buat aku yang susah pose ini. Hehe. Sekali lagi makasihh. :D

    ReplyDelete
  6. Waaaa tipsnya bagus Nia. BTW jadi penasaran kalau buat tubuh berisi sepertiku. berpose seluruh badan adalah tantangan haha

    ReplyDelete

Instagram Feed