Rekomendasi Dokter Kandungan dan Rumah Sakit Terbaik di Jogja

11:20 AM

Halooo Bunda…. hehehe 
Agak aneh nih, sekarang sudah bisa panggil bunda dan mulai sekarang sudah bisa share soal pregnancy atau kedepannya juga bisa share soal parenting ya? Hehehe 

Di postingan blog kali ini sebenarnya aku mau share tentang dua hal ini, yang pertama adalah Rekomendasi Dokter Kandungan di Yogyakarta dan juga Biaya Konsultasi Kehamilan di RS Yogyakarta. 

Sampai detik dimana aku menulis tulisan ini, usia kandungan ku sudah masuk ke Minggu ke-16 yang berarti sudah ada di bulan ke -4 dan masuk ke tahap trimester kedua. Sebenarnya aku juga mau bahas pengalaman soal gimana lelahnya aku pas ada di masa trimester pertama, mulai dari mual muntah sampai ngga bisa gerak sama sekali karena ngga ada tenaga. Tapi mungkin perjalanan trimester pertama akan ku bahas di postingan selanjutnya ya! hehehe 

Kenapa saat ini aku membahas Rekomendasi Dokter Kandungan di Yogyakarta dan juga Biaya Konsultasi Kehamilan di RS Yogyakarta, itu karena memang selama 4 bulan ini aku sempat 3 kali ganti rumah sakit untuk konsultasi dan juga ganti 3 dokter untuk konsultasi. Kenapa? Karena nyari yang cocok shay! hehehe 

Sempet ada yang nanya “lah? Dokter kehamilan kok pakek pilih2?” Lho…. justru kita harus memilih yang tepat! Kenapa? Karena ini berurusan sama ‘Jiwa’ yang ada di dalam tubuh kita, kenyamanan itu yang paling utama. masing-masing pasangan dan bunda juga pasti punya pertimbangan masing-masing dalam memilih dokter kandungan kan? 

Ada yang “harus cewek” atau ada yang “harus pro normal” dan lain lain sebagainya. Masing-masing keputusan itu balik lagi ke keluarga masing2 yaa, ngga ada yang salah ngga ada yang benar. Di postingan ini sifatnya adalah sharing, siapa tau bunda membutuhkan :D 

Yuk, mulai aja review nya! Aku akan bercerita dari dokter dan rumah sakit pertama ya, jadi untuk Rekomendasi Dokter Kandungan di Yogyakarta dan juga Biaya Konsultasi Kehamilan di RS Yogyakarta itu aku urutkan dari awal aku konsultasi sampe terakhir konsultasi! 

- Oh iyaa disclaimer dulu, semua review ini berdasarkan pengalaman pribadi aku ya. Jadi bisa saja review ku dan review ibu ibu yang lain berbeda. Karena mungkin situasi nya yang berbeda. Tapi, apapun itu, tujuanku adalah membantu para calon Ibu dan Ibu hamil lainnya. Selamat membaca



Dokter: dr. Enny Setyowaty Pamuji Sp.OG
RS: Rumah Sakit JIH Yogyakarta

Rekomendasi Dokter Kandungan Terbaik di Jogja
Usia kandungan 6weeks 0days

Untuk awal kehamilan, aku sempet bingung mau kontrol dimana. Setelah seminggu terlamat haid dan ngetes pakai test pack. Aku langsung searching di Internet, dokter mana yang rekomended. Nah, setelah baca sana sini, aku mendapatkan nama dr. Enny Setyowaty Pamuji Sp.OG paling banyak nongol dengan beragam review yang lumayan baik. Sebagai newbie di dunia perhamilan ini tentu saja aku belum paham kan, apakah ini review baik atau buruk hehehe. 

Yasudah, karena cewek dokternya. Aku bilang sama suami kalau mau periksa ke dr. Enny Setyowaty Pamuji Sp.OG saja yang ada di Rumah Sakit JIH Yogyakarta. Kebetulan waktu mau periksa itu pas hangat hangat nya corona, jadi agak deg-deg an gitu pas mau datang ke Rumah Sakit, tapi ya mau ngga mau ya mom. 

Pas datang, agak siang karena waktu itu nunggu suami ijin kerja dulu. Yasudah, pas datang langsung dapat nomor antrian. Alhamdulillah masih dapat slot, ngga menunggu begitu lama, kurang lebih 30 menitan akhirnya masuk ke ruang periksa. 

btw semua dokter dan perawat waktu itu berpakaian lengkap APD yang bikin aku ikut deg2an. Kesan pertama ketemu dr. Enny Setyowaty Pamuji Sp.OG ini agak bingung karena kan doi pakek masker ya, gak keliatan ekspresinya. Yang jelas, ngga sempet duduk udah langsung disuruh tiduran. Kesan sama susternya aku ngerasa mereka kayak buru-buru gitu lhoo gatau kenapa. Aku disuruh cepet2 lepas celana, di periksa langsung perutnya sama dokter, tapi gak keliatan waktu itu, tanpa aba2 suster langsung nyuruh aku dengan tergesa melorotin celanaku, karena mau pakai Vaginal (apa namanya aku lupa), ngga pakai aba2 dokter Enny langsung aja masukin benda asing ke dalam vagina, jujur aku trauma :( 

Oh iya, di dalam ruangan ada 3 perawat yang menurut aku kok rada riweh yaa. Yang satu sempet bolak balik keluar masuk.

Alhamdulillah terlihat ada kantung janin waktu itu. Dokter Enny terlihat tergesa dan ngga ngasih penjelasan panjang, suami juga disuruh lihat tapi cuma bentar. Intinya bentar banget deh.

Rekomendasi Dokter Kandungan  Terbaik di Jogja
Ini catatan dari dokter Enny soal apa saja yang harus dihindari di awal kehamilan.
 

Selesai. duduk. Cuma dikasih kertas yang isinya udah banyak banget apa aja yang harus dihindari. Aku tanya boleh dijelasin dok? baru deh dijelasin dengan terburu2, terus juga ada yang kurang di tulisa nyuruh susternya buat nulis, jadi bukan dokternya hmmmm…. sudah? udah gitu doang. Disuruh balik lagi 3 minggu lagi. Waktu pertama kali ini usia kandunganku adalah 6minggu. 

Keluar kamar aku sama suami bingung sih. Karena kesan pertama yang aku dapatkan kok beda ya sama review orang2 ??? 

Waktu itu periksa di Rumah Sakit JIH Yogyakarta dengan dr. Enny Setyowaty Pamuji Sp.OG untuk pertama kalinya kami menghabiskan biaya sebesar 600rbuan. Cukup kaget dengan harganya karena lumayan juga yaa, yaa namanya newbie semua serba pertama jadi kaget hehehe.

Rekomendasi Dokter Kandungan Terbaik di Jogja
Bisa dilihat detailnya, untuk USG di JIH ini biaya nya 372rbu dan biaya dokternya 110rbu. Jadi memang biaya USG nya yang paling mehong
 


CONCLUSION:

dr. Enny Setyowaty Pamuji Sp.OG
Aku gatau apa kalian suka periksa sama dokter Enny atau engga? Tapi aku pribadi kurang suka karena kesan pertamaku waktu itu kayaknya kurang baik. Entah karena waktu itu ada corona ya? Tapi, rasanya kayak tergesa-gesa. Sebenarnya aku suka sama catatan yang dikasih, jadi sebagai bumil yang mungkin suka lupa ini catatan akan sangat membantu. Tapi ngga ada lagi yang lain setelah itu, pas udah selesai juga ga ada pertanyaan "ada yang mau di tanyakan?" hehehe  So, pas keluar dari ruangan periksa tu kayak ada yang kurang dan kurang plong begitu.... 

Aku juga dapat review dari teman dekat, dokter Enny (katanya) ngga begitu pro normal, jadi… ku putuskan untuk say goodbye. 

RS: Rumah Sakit JIH Yogyakarta 
Yang tinggal di jogja pasti paham RS ini memang ok banget secara fasilitas. Bener banget, aku paling nyaman periksa disini. Malah pengen banget lahiran disini. Cuma memang kalo harga itu pricey untuk ukuran sosial menengah dan kebawah. harus kerja keras nabung ya, tapi semoga berjodoh deh sama RS ini buat lahiran hehehe. Amin. 

Next….. setelah memutuskan buat say goodbye ke dokter Enny, aku dapat rekomendasi lain dari temen. yaitu dokter Nurhadi di Hermina. Sebenarnya dokter Adi ini juga praktik di JIH ya, tapi aku pengen coba pengalaman periksa di RS lain hehehe. 




Dokter: dr. M. Nurhadi Rahman, SpOG
RS: RSU Hermina Yogya 

Rekomendasi Dokter Kandungan Terbaik di Jogja
Usia kandungan 8weeks 2days

Well, karena salah satu teman dekatku juga lahiran sama dr. M. Nurhadi Rahman, SpOG atau biasa dipanggil dokter Adi ini, dan dokter Adi ini memang terkenal pro normal, jadi… aku semangat dong mau periksa sama dokter Adi. 

Pertama, karena belum pernah ke  RSU Hermina Yogya , aku coba buat telpon ke nomor yang ada di Instagramnya, eh ternyata bisa lhoo reservasi online dan langsung dapat antrian. Seneng banget dong… ternyata lebih gampang proses reservasinya dibanding RS sebelumnya hehe. 

Pas di Hari H, kebetulan kami periksa di jam malam, pas di perjalanan RSU Hermina Yogya  juga sempet telpon untuk konfirmasi lagi apakah jadi kontrol dan sudah sampai mana. Aku merasa di perhatikan heheheh 

Sampai di RSU Hermina Yogya , alhamdulillah sepi yaa. Waktu itu dapat nomor antrian 4, jadi ngga begitu lama deh nunggunya. Sampai di perawat, aku merasa perawatnya lebih perhatian dari RS sebelumnya gatau kenapa? wkwk 

Nunggu dulu sekitar 40 menitan karena memang pas banget baru mulai prakteknya. Setelah menunggu, akhirnya waktunya masuk ke dalam ruangan. Sama seperti sebelumnya, ngga bisa dengan jelas melihat wajah dr. M. Nurhadi Rahman, SpOG karena pakai masker, tapi…. dokter dan perawat ngga pakai APD lengkap ya. Ya cuma sarung tangan dan masker aja. 

Setelah itu, dengan lembut perawat meminta aku berbaring dan menurunkan rok. Ngga lupa perawatnya juga bilang untuk berhati-hati, aduh aku baper hehehe. Di dalam ruangan ini cuma ada satu perawat aja yaa. Setelah berbaring, dokter dr. M. Nurhadi Rahman, SpOG mulai memerika kehamilanku. Waktu itu, bentuknya memang masih seperti kantung , belum terlalu jelas tapi detak jantungnya sudah bisa di dengarkan, aduuuh gemes deh hehehe. 

Dokter Adi ngga banyak ngasih penjelasan, mungkin karena masih kecil? Lalu, aku disuruh duduk kembali. Terlihat perawat dan dokter menulis sesuatu, dan bilang “ 4minggu lagi balik kontrol ya “ 

dalam hatiku…. “ LAH? UDAH DOK?” 
jadi…. dokter Adi ini sangat sangat pasif. Ngga ngomong panjang lebar, ngga ngasih saran apapun, ngga ngasih wejangan deh pokoknya wkwk yaudah aku dan suami aja inisiatif tanya2. Banyak deh yang ditanya tapi ya dia cuma jawab pertanyaan yang aku dan suami tanya aja. Menurut review temen memang dokter Adi ini terkenal pasif sih. 

Rekomendasi Dokter Kandungan  Terbaik di Jogja
Disini sebenarnya ada obat yang belum aku ambil, makanya biaya nya masih 780rbuan, yang harusnya biaya aslinya 800rbuan. Ngga aku ambil karena ternyata habis di Hermina, jadi aku harus beli di apotek lain. 

Setelah selesai, kami keluar dan bayar. Untuk kontrol kedua ini kami menghabiskan biaya 800rbuan gitu. makin kaget dong ya! Secara fasilitas sih bagus RS sebelumnya, tapi kenapa disini lebih mahal? WAKAKAKA ngga paham. Tapi memang kalau secara biaya ya Hermina ini ngga ada biaya lain-lain nya sih. Jadi langsung dibuletin aja sama mereka. 

 CONCLUSION: 

Dokter: dr. M. Nurhadi Rahman, SpOG
Secara umum, sebenarnya aku suka sama dokter Adi. Karena… dia ngga cerewet dan ngga banyak ngelarang gak boleh ini itu. Walaupun pasif banget…. jadi kalau mau periksa sama dokter Adi ini memang harus berbekal banyak pertanyaan dari rumah, pokoknya tanya sebanyak mungkin dan pasti akan di jawab dengan baik dan sabar gitu jawabnya. kalau engga nanya, ya kamu ngga dapat apa2 waktu kontrol wakaka. 

Kalau kata suami, untung nanya yaa… kalau ngga udah bayar mahal mahal eh ga dapat informasi lain :P 

RS: RSU Hermina Yogya
Rumah Sakit ini juga jadi inceran buat lahiran. Secara fasilitas memang lebih bagus JIH ya… tapi menurut aku cukup deh kalau untuk melahirkan. Ngga begitu ramai juga, cukup nyaman kok periksa disini. Walaupun memang terlihat agak jadul yaaa hehehe kalau dari perawat juga aku lebih suka yang disini karena lebih ramah. Secara harga yaa 11 12 deh sama JIH. jadi, tergantung kamu aja nyamannya mau dimana karena ya kurang lebih sama aja sih. Tinggal cari dokternya aja kan? 


Nah……… 
Untuk kontrol selanjutnya, aku agak galau apakah mau lanjut sama dokter Adi atau harus berpindah ke lain hati lagi?  
Karena sejujurnya dari awal tahu hamil ini pengen banget periksa sama dr. Phyowai Ganap, SpOG tapi… dari kemarin semenjak covid praktiknya yang di Klinik Indira itu tutup. 

Eh tapi namanya rezeki yaaa, pas mau kontrol ketiga ini alhamdulillah sudah buka. 


Dokter: dr. Phyowai Ganap, SpOG
RS : Klinik Indira 

Rekomendasi Dokter Kandungan Terbaik di Jogja

Nah, ada beberapa tetangga dan teman juga yang merekomendasikan dr. Phyowai Ganap, SpOG atau biasa dipanggil dokter Phyo ini, dan setelah baca review gilaaaaa antriannya tu super panjang dan lama gitu lho saking larisnya. makanya aku bener bener penasaran pengen merasakan dan se keren apakah dr. Phyowai Ganap, SpOG ini? Hehehe 

Alhamdulillah, karena corona ini, ternyata pendaftarannya pun beda kayak biasanya. Sekarang daftarnya harus online, jadi bisa whatsapp dulu. Kalau dapat nomor antrian baru deh nanti dikasih jam harus kesana jam berapa untuk periksa. Dan ternyata juga per hari dibatasi untuk pasiennya yang datang. 

Kebetulan juga Klinik Indira ini sangat dekat dari rumah, ngga sampe 10 menit deh udah sampe heheh nah, waktu itu harus datang jam 12 kan, kami berangkat dari rumah jam 12 kurang. Sampai sana sudah ada yang nunggu gitu di luar tapi dr. Phyowai Ganap, SpOG kebetulan belum datang. Hmm… lama kayaknya nih? 

Awalnya disuruh cek tensi dulu, dan dapat nomor antrian 6 kalau ngga salah. Cukup lama nunggu dokternya sih, waktu itu nunggu dokter Phyo datang aja sampai satu setengah jam… tapi aku harus sabar menunggu yaa. Karena corona juga yang boleh masuk ke dalam klinik cuma ibu hamil yang periksa, para suami terpaksa nunggu di luar … sedih sih hiks karena suami jadi ngga bisa lihat kan ? Tapi yasudah. 

Setelah praktik di mulai sekitar jam setengah 2, aku baru dapat giliran periksa di jam setengah 3, gilaaa berapa jam tuh aku nunggu dari jam 12. Bener sih kata orang orang memang harus sabar kalau mau periksa sama dokter Phyo ini hehehe 

dalam hatiku “ semoga worth it penantianku ini “ 

Pas pertama masuk ruangan, aku langsung disambut sangat sangat hangat dengan dr. Phyowai Ganap, SpOG aduuuh baper kan…. ramah sekali sapaannya. memang tidak terlihat senyumnya karena dia pakai masker dan APD lengkap. Tapi dari cara bicaranya itu sudah terkesan sangat ramah dan cerewet wakakak. 

Langsung dong aku berbaring untuk di USG. Waktu di USG dr. Phyowai Ganap, SpOG sangat sangat detail sekali menjelaskan nya, satu per satu dia jelaskan. Dari mulai perkembangan janin, beratnya, lalu air ketubannya yang mana, pokoknya JELAS BANGET sampai aku gatau lagi mau nanya apa wakakak. detak jantungnya juga dijelaskan dengan sangat jelas. dengan bahasa yang lembut juga dokter Phyo ini memanggil bayi dengan “dedek kita”, lucu ya? heheh 

Setelah selesai, kembali duduk lalu dr. Phyowai Ganap, SpOG menjelaskan kembali panjang lebar, HPL kapan lalu sebaiknya aku ngapain aja, dan banyak lagi… pokoknya sampai jelasnya aku udah gatau lagi mau nanya apa deh, ngga tergesa-gesa dan sangat ramah. setelah selesai juga dia menanyakan kembali “ ada yang mau ditanyakan? “ ngga kayak yang lain hehehe 

Keluar dari ruangan, aku super happy! Gila ini sih beneran idola ibu2 wakaka karena memang sejelas dan setenang itu menjelaskan nya ke ibu hamil, aku merasa sangat di perhatikan. Yang disayangkan cuma suami ngga boleh masuk karena yaaa virus jahanam ini yaaa! 

Rekomendasi Dokter Kandungan Terbaik di Jogja
Nah, karena daftarnya online. Waktu itu sudah transfer untuk biaya konsultasi online 85.000 , so di nota yang ada disini ngga ditulis buat yang biaya sebelumnya. 

Untuk biaya, disini emang paling murah. Kontrol ketiga ini kami menghabiskan biaya kontrol 500rbuan saja. Cukup hemat deh kalau setiap bulan harus kontrol yaa! Apalagi memang memuaskan banget dari aku pribadi hehehe. 

CONCLUSION: 

Dokter: dr. Phyowai Ganap, SpOG
Yap! Jatuh cinta pada pandangan pertama. Dari dokter lainnya yang pernah aku datangi, aku akui dokter Phyo ini terbaik. Dari mulai pelayanannya, sampai ke hal hal kecil juga aku merasa sangat nyaman periksa dengan dokter Phyo. wajar sih jadi idola para bumil yaaa… 

Sayangnya… dokter Phyo hanya praktik di Klinik Indira, Sadewa dan Sardjito. Jadi.. sebenarnya aku masiih mikir berkali-kali apakah aku harus lahiran dengan dokter phyo atau dokter adi? Masih galau sampai detik ini sih…. 

Karena RS nya itu lhoo… sardjito kan pusat penanganan covid yaa, sementara Klinik Indira sepertinya belum melayani lahiran selama covid. Kalau sadewa? entahlah. masih galau. 

RS : Klinik Indira 
Untuk urusan fasilitas dan kenyaman ya jangan dibandingkan dengan Rumah Sakit besar lainnya. Karena balik lagi, ini hanya sebuah klinik ya. Tapi menurut aku cukup aja kok, karena yang dicari juga kan dokternya. So far sih sebenarnya bisa lahiran normal disini, kalau harus caesar nanti akan dirujuk ke RS Sadewa biasanya. Untuk biaya tentu saja paling murah, USG aja detailnya cuma 85rb , sedangkan di RS besar sampai 300rbuan lhoo. 
Di Klinik Indira juga enaknya sudah bisa kalau mau USG 2D, 3D atau 4D. 



So…. sekian mom review 3 dokter yang aku kunjungi beserta 3 rumah sakitnya. Semoga membantu yaaa buat calon ibu yang masih galau mau periksa sama dokter siapa dan mau periksa dimana. Next aku juga bakalan cerita soal proses hamil, sampai melahirkan. Semoga aku tidac jadi ibu yang pemalas ya! Hehehe 

Doakan semoga persalinanku nanti bisa lancar dan bisa sesuai dengan yang aku harapkan! Selamat beraktifitas yaa Mom! 


You Might Also Like

1 comments ♥

  1. congratulations for your pregnancy! i hope everything goes well!

    ReplyDelete

Instagram Feed