KULIAH DI MMTC YOGYAKARTA: NGAPAIN AJA DAN BISA KERJA DIMANA?

6:39 PM

Oke, before i start… aku mau jelasin kenapa postinganku kali ini beda sama sebelum-sebelumnya. Well, sebenarnya ini semua berawal dari banyaknya pertanyaan yang datang dari Instagram dan email tentang “gimana caranya masuk MMTC?” atau “Gimana rasanya kuliah di MMTC?” Iyaaa… iyaa semua pertanyaan itu datangnya dari calon mahasiswa yang mau kuliah di MMTC. Dan karena aku sering sekali set a location on my post on Instagram at Sekolah Tinggi Multimedia MMTC , so there are a lot of people ask me about my college (FYI, aku sudah wisuda tahun 2016 heheh alhamdulillah) 

Karena cukup banyak pertanyaan dan cukup sering, So i decide to make this post. 
After i try to search on Google, aku pikir memang masih sedikit sekali artikel tentang kampusku. So, semoga artikel ini bisa membantu kalian-kalian yang mau masuk ke MMTC ya! Amin. 

P.S: Postingan kali ini lebih banyak tulisan dari foto. So... selamat membaca!! Hahahah 


First…… 
Apa itu MMTC? 
Jika kamu tidak menyebutnya terlau jelas, maka orang-orang akan mengira itu adalah MNC TV. Ops…. there are a lot different if course. So, MMTC is not a television, but yes MMTC adalah sekolah broadcast paling bergengsi di Indonesia hahaha - yang sekarang sudah berubah status menjadi sekolah negeri, ketika sebelumnya adalah sekolah tinggi dibawah kementrian komunikasi - MMTC adalah singkatan dari Multimedia Training Center. Why training center? Karena dulunya…. tempat ini adalah tempat training para pegawai pemerintah yang disekolahkan lagi oleh kantornya masing-masing. And yes…. sejak 2015 or 2016 (sorry i forgot) MMTC tidak lagi menerima mahasiswa dinas (namanya). Dan benar-benar sudah berubah menjadi Sekolah Tinggi Multimedia “MMTC” yang jelas-jelas adalah sekolah alias tempat kuliah kamu-kamu yang mau jadi broadcaster handal. 

Kenapa harus masuk MMTC? 
Yes, if you love broadcast. Kamu suka dunia-dunia penyiaran, mau bekerja di balik layar televisi, dibalik layar lebar, or even di depannya pun kamu harus kuliah disini. WHY? becaus this is the place you should be with. Tempat yang udah tua banget ini sebenarnya punya segala macam fasilitas yang sangaaaat sangaaaat lengkap dari kampus-kampus broadcast lainnya. Karena MMTC punya 3 studio TV dan 3 studio Radio yang masing-masingnya selalu dilengkapi dengan alat-alat super canggih warisan dari negara Jepang. Yes…. Jepang Jepang. Thanks to Jepang. 
*bahkan WC nya pun ala Jepang hahahah* 

Harus pilih program studi apa? 
Well… it’s depend on your passion. Kamu suka mengoperasikan kamera, mau jadi kameran, audioman, atau lightingman, kamu harus banget pilih program studi Manajemen Teknik Studio alias MATEKTOSI. Disana kamu bakal diajarin gimana caranya mengoperasikan kamera, mengambil gambar yang bagus, menyalakan lampu, mengedit video, mengedit audio dan masih banyak lagi, bahkan menggulung kabel yang benar hahaha. 
Nah…. kalau kamu suka menulis, suka jadi pengarah suatu acara, atau selalu jadi si empunya ide, kamu bisa banget masuk program studi Manajemen Produksi Siaran alias MANAPRODSI. Disana kamu bakal belajar jadi sutradara, produser, penulis naskah, tim kreatif suatu produksi dan masih banyak lagi. Well… disini lah aku berada, di Manaprodsi. Berkat program studi ini juga akhirnya aku bisa mengambil judul tugas akhir “Make up dan Wardrobe dalam Produksi Drama …….” yes yes yes :) 
Terus…kalau kamu anaknya suka tampil di depan layar, suka ngomong, dan juga narsis. Kamu harus banget masuk Manajemen Pemberitaan atau MANARITA. Disini kamu bakal belajar segala hal tentang berita. Kalau di manaprodsi you have to think different about out idea, disini kamu dituntut untuk stay consistent on what you do, karena berita itu ngga boleh hoax dan kamu selalu memberikan informasi yang tajam dan terpecaya, kan? hehhe 
Last…. kamu juga bisa memilih program studi lain seperti Animasi buat yang suka gambar dan pengen jadi animator dan… Game Desain, cocok buat yang passionnya adalah main game aja tiap hari. hahahaha 
oh iyaaa….. kamu juga bisa memilih satu-satunya jurusan yang berstatus S1 (dulunya tapi sekarang sih S1 semua) yaitu MIK alias Manajemen Ilmu Komunikasi. Ini cocok buat yang cerewet-cerewet dan hobbinya ngomongggg, atau yang suka banget sama ketemu banyak orang baru gituuu.  

Ini waktu studi tour ke Jakarta, mengunjungi beberapa stasiun TV dan Radio. *itu aku senderan ke teman hidupku sekarang hehehe* 


Belajarnya gimana sih? 
Sama kok kayak kampus lain, ada jam kuliahnya, ada dosennya, pelajaran umumnya juga tetap ada. Tapi di MMTC kamu bakal ngerasain yang namanya kuliah praktek lebih banyak daripada teori. Kamu bisa ngerasain langsung gimana rasanya terlibat dalam sebuah proses pembuatan acara televisi, acara radio, bahkan pada endingnya kamu bakal ngerasain gimana rasanya ngebentuk stasiun TV dan Radio sendiri. Dimulai dari 0 sampai semuanya selesai dan sukses. Kamu juga bakal lebih bisa ngerasain gimana sih rasnaya kerja sama orang lain, bertukar bahkan beradu argumen dan ide, gimana rasanya menghadapi berbagai macam kepala, dan lain-lain sebagainya. Pokoknya kamu dituntut buat siap kerja. Itu kenapa lulusan MMTC banyak dicari sama banyak kantor-kantor yang bekerja di dalam dunia broadcast. 
Kalau menurut aku juga, disini ini tempat belajar anak yang lebih suka “main” hahaha karena memang lebih banyak praktek nya, berhadapan langsung sama “lapangan” daripada cuma diem di kelas dengerin dosen ngobrol. ((Lebih banyak)) yaaa, bukan berarti ngga ada teori, lho! 

Ada beberapa mata kuliah yang emang saklek dosennya, killer katanya, tapi kalo di bandingin sama universitas ternama~ jauuuh lah! disini justru lebih selow dan bisa lebih banyak bertukar pikiran. 

Setelah lulus bisa kerja dimana aja? 
Sebenarnya ini juga tergantung sama apa cita-cita dan kemampuan kamu sih. Yang jelas kamu berpeluang kerja di dunia broadcast seperti TV, Radio, PH (production House), EO, or something like that deh. Banyak temen-temen aku yang bekerja di stasiun TV di Jakarta. Ada juga yang berhasil kerja di beberapa Production House atau beberapa perusahaan lainnya karena memang balik lagi gaes, tergantung passion dan rezeki. 
Kalau aku? Sekarang aku bekerja di SWARAGAMA GROUP Yogyakarta sebagai content writer / social media specialist, aku bahkan udah kerja sebelum lulus, tepatnya pas lagi ada di semester 5 (kalau ini aku jelasin aja di postingan lain ya hehehe) 

oh iya…. karena banyak juga pertanyaannya gimana cara masuknya. Well, sebenarnya tiap tahun itu tanggal tesnya pasti berbeda. That’s why kamu harus rajin banget ngecek website nya di www.mmtc.ac.id dan kalau ada yang tanya gimana tesnya. Sama kok kayak tes di perguruan tinggi lainnya. Kamu bakal melalui dua tes, yaitu tes tertulis dimana pertanyaannya adalah pertanyaan umum dan seputar pelajaran (oh iya, karena multimedia so tes nya pakai komputer yaa… it’s mean that you have to answer it through computer) , lalu akan dilanjutkan dengan tes wawancara. Di tes ini kamu bakal ditanya soal apa saja, karena sebenarnya tiap orang bakal ditanyakan pertanyaan yang berbeda. 

Tips dari aku…
Masuk MMTC itu nggak susah kok, kamu cuma harus pede dan yakin kalau kamu bisa. Jangan lupa belajar biar bisa menjawab segala pertanyaan di tes tertulis dan berikan jawaban yang tegas, lugas, mantap saat menjawab pertanyaan wawancara. Kamu harus tunjukin kalau kamu memang benar-benar mampu yakin dan layak masuk MMTC…. 
Cuma beberapa info yang aku terima beberapa tahun belakangan, masuknya kok jadi makin susah ya?? Tapi kayaknya bukan makin susah, cuma karena makin banyak peminat aja , dan makin sedikit yang keterima jadinya aja makin susah. 

Alhamdulillah bisa lulus tepat waktu. Aku kuliah di MMTC itu 4 tahun, ngga kurang ngga lebih. Gelarnya saat aku dapat adalah S.Tr.I.Kom 


Terus…rasanya kuliah di MMTC apa? Heheheh…… Kalau itu sih bisa kamu rasakan sendiri kalau udah masuk ke MMTC. Intinya sih aku seneng banget bisa masuk disini karena aku lebih suka ngomong daripada duduk dengerin dosen. Pengalamannya super seru apalagi kalau suka dunia broadcast atau penyiaraan gitu. 
Pokoknya ini adalah tempat buat kamu bisa punya banyak pengalaman apalagi buat di dunia kerja nanti. Oh iya satu lagi…. tembok MMTC itu bisa ngomong, lho…. so hati-hati kalau punya gosip, cepet banget nyebarnya hahahahha. 

Segitu dulu ya dari aku. Semoga bermanfaat buat kamu kamu semua yang mau masuk MMTC. Boleh kalau masih ada yang mau ditanyakan langsung comment down below yaa! See you :*


P.S: I also wanna say thanks to MMTC, because you have made me meet the most awesome boy in this world, the best bestfriend and even you teach me how to forgive and forget people. Thank you so much :) 

You Might Also Like

1 comments ♥

  1. Nia, foto pertama hati-hati dijadiin poster kampus lho haha. Pasti pertanyaan seputar kuliah makin banyak menjelang pembukaan pendaftaran maba yah. hihi. Semoga artikelmu membantu temen2 yg mau kuliah di situ

    ReplyDelete

Instagram Feed