Cerita Menikah: Budget Vendor part 1

10:07 PM

Kalau ngomongin soal vendor nikahan sih, ngga bisa di jauh jauh sama yang namanya budget. Yes, yes. mau gimanapun budget dan vendor itu harus erat banget kaitannya. Kalau kamu udah menggodok matang konsep pernikahan kamu mau yang seperti apa, kamu juga mesti dan wajib tahu budget yang kamu punya atau kamu perlukan itu seberapa, jangan sampai berbanding terbalik atau sampai di paksakan mau nya seperti apa tapi budgetnya ((misal)) ngga sampai atau ngga mencukupi. Ngga ada salahnya kok berusaha sekuat mungkin, tapi inget, jangan sampai setelah melaksanakan pernikahan impian kamu malah jadi punya beban setelahnya. Atau yang masih di bayarin orangtua full, jangan sampai deh merepotkan orangtua masalah ini. yes, yes, harus setuju yaa kalau soal ini hehehe!


budget vendor pernikahan rustic impian


Nah, ngomongin soal budget dan vendor. Kemarin setelah sharing-sharing di Instastory, ternyata banyak banget yang nanyain perkiraan budgetnya berapa sih? hehehe So, lewat postingan ini aku mau membahas, masing-masing vendor itu butuh budget berapa sih? 

Klaim dulu ya! 
Budget yang aku share ini adalah perkiraan, jadi ngga semua nya paten segitu, karena balik lagi semua budget juga menyesuaikan konsep kamu gaes. Ngga bisa di kasih harga patok banget, jadi cuma perkiraan aja yaa! Semisalnya nanti kalian survei dan ternyata kok beda, plisss jangan komplain ke aku! hahaha harga juga bakalan berubah dari tahun ke tahun jugaaa nih, so kalau misal kalian dapat harga yang sudah naik, wajar shay! Kan udah beda tahun juga hehehe. 


Yuk, bahas satu-satu! 

Venue 


Buat Venue di Jogja ini sebenarnya banyak banget pilihannya, mau indoor ada, outdoor ada, semi indoor/outdoor pun ada, mau yang bergaya tradisional sampe modern juga ada, tinggal pilih mau yang budget berapa. Iyaa, semua harus disesuaikan dengan budget yaa sister bro. Jangan disesuaikan dengan keinginan tapi ngga memikirkan budget heheh 

Kalau aku pribadi, aku punya konsep outdoor dengan konsep akad tradisional dan resepsi modern plus, aku mau lokasi atau tempat yang sudah bisa sekalian sewa room buat keluarga. Makanya, kebanyakan aku emang survei di villa atau resort yang ada di Jogja. 

Mulai dari daerah Utara sampe Selatan di jabanin alias survei satu-satu. Ada yang budgetnya oke tapi terlalu jauh, ada yang tempatnya oke tapi budgetnya ngga oke. Buat venue ini aku juga menyesuaikan lokasi dengan kebutuhan ku apa aja. 

budget vendor pernikahan rustic impian


Setelah keliling Jogja, akhirnya aku berjodoh dengan Khayangan Resort atau yang dulunya bernama Omkara Resort. Dulu tempat ini yang mengelola bule gitu, makanya lokasinya memang cucok buat bule bule menginap, ngga begitu luas, tapi cukup karena memang undanganku ngga banyak. Yes, jumlah undangan juga mempengaruhi segalanya yaa. 

budget vendor pernikahan rustic impian

Buat budget, dari yang kemarin aku survei yaa. Buat villa utama nya aja itu per malamnya 10juta (sudah include sama 4 kamar, sewa villa dan area nya) , kalau buat 2 malam dengan sewa seluruh villa dan total kamar 12 itu ada di angka 30juta

Ada beberapa paket dan harga yang aku dapatkan ini adalah harga di tahun 2018 karena emang aku udah survei dari lama banget hehehe, kayaknya sih sekarang harganya udah naik yaa. 

Menurut aku dengan konsep acaranya intimate, undangan hanya teman dekat serta keluarga inti pluss rangkaian acara 2 hari 2 malam, Khayangan Resort ini pas banget sih. Alhamdulillah kemarin dapet rezeki tim operasional nya Khayangan resort bener-bener mau membantu dari awal sampe akhir tanpa ada kendala. Rezeki orang nikah katanya hehehe. 

Documentation 


Buat dokumentasi, aku dan suami sepakat buat pakai foto dan video. Sebenarnya dokumentasi ini terbagi dalam 2 vendor. Vendor pertama adalah yang mengerjakan video prewed plus undangan digital kami. Sedangkan vendor kedua adalah yang mengerjakan foto prewed, serta foto+video selama acara berlangsung.




Untuk video prewed plus undangan digital kami dikerjakan oleh Derau Visual yang tidak lain dan tidak bukan adalah teman sendiri yang menawarkan kerjasama waktu itu hehe terimakasih sekali lagi. Suka banget sama hasilnya, buat kalian yang mau nonton video prewednya bisa cek di Instagram story aku yaa, sudah aku highlight dan video full yang kami tayangkan saat wedding ada di instagramnya @pakdyal dan dia sudah upload di IG TV hehehe. 

Terus, untuk vendor selanjutnya yang juga adalah teman kami sendiri hahaha adalah Pinewood Story

Untuk foto prewed, kami memilih untuk foto aktifitas yang biasa kami lakukan saja. Karena ngga mau jadi peres peres club, jadi ini lah salah satu foto prewed kami pas lagi makan soto di bringharjo hehe 


Suka sekali sama hasilnya, dari mulai foto prewed kami yang konsepnya mau santai aja, berkegiatan , beraktifitas, jadi kami adalah no peres peres club gitu lhoooo hehehe. Dilanjut dengan mendokumentasikan acara kami dari mulai pengajian, siraman, malam midodareni, seserahan, akad, resepsi pagi sampai resepsi malam kami mempercayakan pada Pinewood story. 

budget vendor pernikahan rustic impian


Untuk budgetnya, kemarin kami dapat harga di angka 8juta untuk keseluruhan foto dan video. Angka itu juga aku dapat di tahun 2018 yaaa beb, pasti semua sudah naik dong yaa harganya sekarang hehehe. Worth it banget sih menurut aku, dengan Jogja yang harga luar biasa ini, aku merasa beruntung aja bisa ketemu sama Pinewood, dengan kualitas yang oke dan harga yang bersahabat. 

Decoration 


Nah…. buat dekorasi ini aku agak lama menentukannya, sudah survei sana sini, coba tanya sana sini. Kok harga dekorasi ini agak wow yaa? hahaha sementara aku pribadi memang mau dekorasi yang ngga begitu heboh, lokasi kami sudah di outdoor, sepertinya ngga perlu dekorasi yang terlalu heboh. 

budget pernikahan rustic impian

budget vendor pernikahan rustic impian


Akhirnya setelah perjuangan yang panjang. Kami berjodoh dengan Nirmana Dekorasi. Setalah tanya ini itu, ternyata harganya memang sangat bersahabat banget. Memang sih kami sempat menemukan yang lebih bersahabat lagi, tapi ngga bisa menyanggupi permintaan kami karena dekorasinya terlalu konvensional. Hehehe 

So, setelah beberapa request tertentu yaitu dekorasi siraman lengkap dengan perlengakapannya, dekorasi seserahan yang di re-decor untuk akad, lalu dekorasi malam midodareni, dekorasi resepsi pagi dan malam yang hanya di retouch sedikit saja untuk perbedaaanya. 

Secara keseluruhan, dengan detail detail yang aku mau, kami dapat harga total di angka 17juta. Gede yaa? beyb…. dengan request macem-macem tadi, di vendor lain aku bisa dapet di angka 50-80 juta keatas wakakakaka. 

budget vendor pernikahan rustic impian

Beberapa elemen dekorasi yang ada di acara kami.


Menurut aku, vendor ini juga dengan sabar mendengarkan permintaan kami dari awal sampe bahkan beberapa jam sebelum acara dimulai pun kami masih cerewet soal dekorasi dan dengan sabar di turuti. Alhamdulillah ngga ada masalah juga sampe akhir acara, semua rapi dan aku suka sekali sama hasil dekorasinya. Bahkan ada beberapa detail yang gak aku minta karena gamau nambah budget lagi tapi jadi ada hehehe alhamdulillah yaa rezeki pasangan mau menikah katanya hehehe. 

Makeup + Paes 


Sama seperti vendor dokumentasi, buat yang satu ini juga aku bekerjasama dengan dua vendor. Untuk bagian adat, mulai dari siraman, malam midodareni, paes akad, sampai ke sewa baju untuk pengantin, orang tua, sampai ke keluarga inti yang jumlahnya cukup banyak, plus juga buat makeup semua keluarga aku dan keluarga mempercayakan semuanya ke Mba Tri Prima dan tim. 

Alhamdulillah semua sesuai banget sama kemauan. Bahkan awalnya yang ngga mau di paes pas akad karena takut waktunya ngga cukup, justru malah semuanya on time banget, aku akhirnya bisa jadi gadis jawa tulen waktu akad hehehe tanpa cukur dong yaa paes nya hahaha. 

Kebaya dan paes semuanya dari Mba Tri Prima. Syukaa sekali! Sudah jadi impianku dari lama kalau menikah mau pakai kebaya hitam 


Lalu, untuk makeup wajahnya pas akad dan juga resepsi sore plus hair do sore aku mempercayakan sama Mba Siskahelen

Menurut aku, makeup dan paes ini sebenarnya agak susah susah gampang sih carinya. Kebetulan karena aku ngga mau terlalu terlihat beda, aku emang sengaja cari referensi yang dia tu kalo makeup, bisa bikin alis keliatan real hahaha karena menurut aku alis adalah koenci. Sementara aku ngga pernah ngalis, aku gamau sampe mukaku beda karena alis. jadilah aku jatuh cinta sama mba siskahelen ini. 


Suka sekali sama hasil makeup Mba siskahelen yang kolaborasi sama Mba Tri Prima untuk paes 
dan juga sanggulnya. 

Well, buat budget paes, udah include sama semua sewa kebaya, sewa beskap, makeup pengantin, orangtua sampai ke keluarga dan juga segala perintilan acara adat di siraman ada di angka (kurang lebih karena aku lupa) 20 juta. Memang agak pricey sih, tapi kalau di itung-itung dapet segitu banyak ini udah bersahabat banget. 

Nah, kalau makeup nya sendiri. Karena aku makeup 1x saat akad, retouch saat resepsi sore, makeup orangtua pagi dan sore plus ada test makeup juga. Semuanya sudah include di angka 5juta aja. Worth it? BANGET. harga MUA di jogja mahal mahal beyb, wakakaka bisa dapat angka segitu dengan hasil yang oke banget, aku menangis sih. Syukaaaaaa!! 


Catering 


Ini diaaa….. dari semua review undangan dan keluarga yang datang ke acara, mereka semua paling berkesan sama cateringnya yang rasanya tak terlupakan alias enduesss banget, atau enak banget. 

Dari awal sampai akhir, buat vendor yang ini memang aku sama sekali ngga ambil bagian yang banyak, cuma pas bagian test food aja hahaha semua yang menentukan mamaku sendiri. Mulai dari pemilihan mau catering yang mana, menu nya yang mana, berapa banyak dan lain sebagainya aku menyerahkan ke orangtua, karena memang aku ngga begitu paham juga soal beginian. 

budget vendor pernikahan rustic impian


Begitu juga dengan budget pasti yang aku ngga tau berapanya karena memang orangtua yang urus dari awal sampai akhir. Cuma kalau buat kasaran sih seingetku ada di atas angka 50juta dan ngga sampe 80 juta kok kayaknya buat semua rangkaian acara mulai dari pengajian, siraman, malam midodareni, seserahan, akad, resepsi siang, resepsi sore sampai ke konsumsi buat kru. Worth it? BANGET. karena emang dengan harga yang lumayan pricey ini, hasilnya pun sangat memuaskan. 

Aku dan keluarga percaya banget sama SIRIKIT catering yang memang menurut para reviewer wakakaka catering mereka ini emang top dan best banget deh di Jogja. Buat yang mau bikin acara, boleee banget nih sama mereka. pelayanannya juga oke banget deh, dari awal sampai ke kru yang melayani di hari H pun semuanya sangat profesional dan ramah ramah banget. SUKAAAAA!!! 

budget vendor pernikahan rustic impian


Well….. belum selesai sampai disini. Tapi karena so panjang, aku bakalan bagi menjadi dua bagian yaaaa. Untuk next vendor aku akan bahas di part kedua yaa! Boleh banget kalau mau request detail seperti apa lagi yang akan aku bahas, leave your comment down below gaes! 

Don't forget to remember the claim! Harga yang aku share ini bisa berubah sewaktu-waktu karena banyak faktor yaaa! Jadi ini cuma buat patokan kamu aja yaaah :* 


Thank you so much yang sudah mau mampir dan bacaaaa <3 b="" nbsp="">

You Might Also Like

0 comments ♥

Instagram Feed