Apakah Mentalku Sehat Saat Ini?

9:50 AM


Pernah ngga kamu ada di posisi dimana kamu ngerasa super down dan ngerasa kalau dunia ini sangat sangat ngga adil sama kamu? 


Kamu harus banyak banyak bersyukur kalau kamu ngga pernah ada di posisi itu sampai detik kamu membaca artikel ini. Karena kalau aku pribadi, pernah banget ada di posisi super down. Ngerasa kalau hidup ini ngga berarti, ngerasa kalau dunia ini ngga pernah adil sama aku, bahkan ngerasa kalau Tuhan sama sekali ngga memperhatikan aku sedikitpun. 


Ngerasa mau bunuh diri? Pernah…. tapi aku ngga pernah berhenti bersyukur sama kekuatan diri sendiri yang aku punya waktu itu, sampai akhirnya aku bisa bangkit. Sampai akhirnya aku bisa sembuh, ngga ngerasa down lagi, dan bisa survive dan akhirnya bisa “legowo” kalau kata orang jawa, buat menerima keadaan yang ada saat itu. 

Keadaan yang kayak gini erat banget sama yang namanya ‘kesehatan mental’ , mungkin beberapa orang ada yang ngga sadar kalau kesehatan mental ini juga perlu banget diperhatiin, masih banyak yang menganggap sepele rasa stress yang sering kita alami dengan menganggapnya kayak angin lalu. Yang diperhatiin cuma fisik dan fisik. Padahal…. sebenarnya kesehatan mental ini bisa berpengaruh sama kesehatan fisik. Kalau udah stress berat misalnya, terus ngga nafsu makan, badan ngga pernah gerak, pasti nantinya bakalan fisik kan yang kena? 

Nah, buat menanggapi kesehatan mental ini tadi juga ngga gampang lhoo menurut aku pribadi. “beruntungnya aku” aku bisa survive dari keadaan terpuruk tadi, karena aku bisa cerita ke orang yang tepat, melakukan hal yang tepat, berusaha sekuat mungkin buat melakukan hal-hal positif dan dikelilingi sama orang-orang yang mendukung banget. 

Gimana kalau ada orang yang “salah langkah”? Dia lagi bener-bener down, tapi lingkungan ngga mendukung, terus gak ada sama sekali yang support dia. Ngga jarang kan kita denger ada berita orang yang bunuh diri, atau mereka yang coba bertindak anarkis, atau menyakiti orang lain. Awalnya yaa dari stress kecil dan ngga paham gimana cara ngobatinnya. 


Waktu aku ngerasa super down tadi…. memang aku sama sekali ngga pergi ke psikolog, karena itu tadi aku bisa berhasil dengan support keadaan sekitar. Tapi gimana sama yang perlu banget? Kadang… kita sebagai manusia yang mungkin punya kerabat, teman atau apapun ngga sadar kalau kita sebenarnya bisa jadi bad atau good energy for them. 

Kita bisa mendukung secara ngga langsung atau bahkan menjatuhkan mereka secara ngga langsung. Makanya penting banget yang namanya empati sama orang lain. Setidaknya kalau ngga bisa membantu secara langsung, kan bisa kita bantu dengan cara yang lain…. 

Misalnya…. lewat tulisan ini aku pengen ngajak temen-temen semua buat lebih aware sama kesehatan mental. Entah diri sendiri, atau orang-orang di sekitar kita. Kalau kita sudah mulai merasa stress, jangan lupa buat melakukan hal-hal yang bahagia, ajak juga teman sekitar kita yang mungkin sedang ada di tahap itu. 

Apalagi di jaman pandemi kayak gini yaaa. Ngga sedikit lhoo yang ngerasain stress karena harus dirumah aja dan merusak semua rencana. Nah, cara lain ya bisa dengan komunikasi tadi. Orang yang lagi down itu butuh didengarkan lhooo…. mereka bakalan seneng banget kalau ada orang lain yang bisa mendengarkan curhat mereka. Tapi… harus hati2 juga jangan “disakiti” yang maksudnya yaa jangan ngasih kata-kata yang bikin mereka lebih down misal kayak “lhoo kok kamu gitu, ya jangan gitu lah!” dan lain sebagainya. 

Aku pribadi yang lagi hamil saat ini juga sangat sangat menjaga kesehatan mentalku... karena kesehatan mental bagi ibu hamil itu penting pakek banget. Aku pribadi memang agak ngerasa down waktu awal kehamilan karena perubahan hormon yang drastis banget. Tapi itu tadi... aku selalu bersyukur karena aku disekelilingi sama hal hal positif dan orang orang yang supportif. Makanya, penting banget buat kita peduli sama orang orang disekitar kita. Dan penting juga memilih apa yang harus dilakukan saat kita merasa super down tadi.

Lebih baik… kalau memang kita ngga ahli dalam menanggapi curhat. Kita bisa kok jadi pendengar yang baik aja. Atau kita bisa saranin mereka buat curhat sama yang lebih ahli. Sekarang kan juga udah banyak banget kan aplikasi-aplikasi yang bisa membantu kita buat konsultasi soal kesehatan kayak gini. 

Salah satunya yang pernah aku coba juga itu adalah Halodoc. Nah, kerennya di aplikasi ini tuh kita bisa konsultasi secara online sama dokter dokter yang pastinya udah terpercaya banget yang ada di Halodoc. Mulai dari dokter umum sampai dokter spesialis, termasuk spesialis psikolog Klinis juga ada di Halodoc. 



Caranya juga gampang banget, tinggal daftar aja pakai nomor telepon kita, terus kita bisa tuh langsung chat dokternya secara online. Menurut aku ini bisa ngebantu banget sih, apalagi kesehatan mental ini ngga bisa disepelekan yaaa… Kalau udah ada gejala stres, daripada curhat sama temen yang misalnya cuma bisa bikin tambah stress lagi, mending langsung cerita sama dokter spesialis langsung aja kan di Halodoc! 



Ntah kenapa aplikasi ini baru ada beberapa tahun terakhir karena kalau pas dulu aku merasa super down aplikasi se keren ini ada, pasti aku udah langsung pakai sih. But thanks God yaa… sekarang orang makin kreatif, dengan adanya hal hal kayak gini, bisa banget membantu banyak orang di luar sana. 

Well… sekali lagi aku mau mengingatkan buat siapapun dan dimanapun. Jangan pernah meremehkan kesehatan mental ya! Ntah kamu atau orang terdekat kamu yang sedang ada di posisi itu, tapi jangan pernah sepelekan sekalipun. Kesehatan mental ini penting banget buat masa depan kita. Makanya yuk sama sama jadi orang yang punya rasa empati yang tinggi tentang kesehatan mental seperti ini ! 

Sehat selalu yaaaa gaes!! :)


You Might Also Like

0 comments ♥

Instagram Feed