TIPS MENGAJAK BATITA KE DOKTER GIGI

10:48 PM

To be honest, aku itu bukan termasuk orang yang rajin banget perawatan gigi. Bisa dibilang cukup jarang karena memang dari kecil ngga begitu dapat banyak informasi dan juga edukasi terkait perawatan gigi yang ternyata memang perlu banget dirawat secara rutin. Jadi kalau bisa dibilang memang kondisi gigi ku sekarang itu yaaa gak rusak sih, cuma gak perfect juga. 


Karena itu, sejak punya anak aku jadi makin aware terkait kesehatan terutama kesehatan gigi anak. Aku jadi lebih aware buat merawat gigi anak. Perawatn paling basic yang dilakukan dirumah yaa tentu saja sikat gigi sehari dua kali yaaa. Perawatan ini juga aku mulai dari anak aku belum tumbuh gigi. Jadi dimulai dari membersihkan mulut dengan kasa basah dan sampai sekarang giginya sudah hampir semua tumbuh aku sama pak suami juga konsisten buat sikat gigi anak dua kali sehari, pagi setelah makan dan malam sebelum tidur. 


Klinik gigi estetik dental YK yogyakarta


Tapi ya ada aja drama nya yaaa hehehe anak anak emang belum paham betul manfaat menggosok gigi. jadi kadang gamau, kadang nangis atau kadang ya bisa sih di sikat, tapi ngga bersih banget karena ngga bisa menggosok secara maksimal. Oh iyaa, sejak tumbuh gigi aku juga selalu pakai pasta gigi dengan flouride yaa! karena memang itu yang disarankan oleh dokter agar bisa menjaga gigi anak biar gak karies. Tentu dengan takaran yang sesuai biar gak over dosis dong yaaa…. kami memilih pasta gigi berflouride yang tidak mengandung detergen jadi gak ada busa nya karena kan anak seusia anakku saat ini memang belum mahir buat kumur-kumur yaa…. 


Perawatan lainnya yang saat ini aku lakukan itu adalah rutin periksa gigi ke dokter gigi! Kok kecil-kecil udah dibawa ke doktet gigi? Lho, justru karena masih kecil dan masih gigi susu hehehe jadi harus di rawat maksimal biar nanti kalau gigi permanen sudah tumbuh gak ada masalah kedepannya terutama karies yang juga bisa merusak pertumbuhan gigi permanen serta menganggu perkembangan rahang si kecil. 


Tapi, emang gak semua anak gampang ya diajak ke dokter gigi, ada aja dramanya hehehe nah kalau aku sih ada beberapa tips yang aku praktikan biar anak tetap enjoy dan bisa diajak kerjasama pas lagi periksa ke dokter gigi. 


1. Sounding terus! 

Jangan sekali dua kali, kalau bisa dua minggu bahkan sebulan sebelumnya juga gak apa. Pokoknya dikasih tau kalau giginya mau di periksa sama dokter, biar sehat, biar gak sakit, nanti giginya bakal dilihat dan dibersihkan pakai sikat gigi. Bisa juga kasih tau kalau anak mau ditambal, kasih tau aja lengkap prosesnya, boleh dibantu dengan ngasih liat tutorial video biar anak lebih paham. 


Klinik gigi estetik dental YK yogyakarta


2. Pretending play 

Biar anak makin seneng, aku sering ngajakin main dokter dokter an dan pasien dokter gigi. jadi aku sekalian praktik aja nanti bakalan gimana, biar anak merasa ini bukan sesuatu yang menyeramkan dan dia bakalan happy saat dokternya minta hal yang sama kayak yang kita minta saat bermain dengan anak. 


Klinik gigi estetik dental YK yogyakarta


3. Pilih klinik yang nyaman dan kids friendly 

Nyaman artinya ngga terlalu ramai, atau juga mungkin ngga begitu jauh dari rumah biar perjalanannya gak lelah. Klinik yang kids friendly itu contohnya bisa kayak klinik yang punya playground atau fasilitas bermain untuk anak, jadi anak merasa kalau datang ke dokter gigi itu bisa main lho! seru lhooo! dan gak menyeramkan sama sekali. 


Klinik gigi estetik dental YK yogyakartaKlinik gigi estetik dental YK yogyakarta



Kalau di Jogja, salah satu klinik yang punya fasilitas itu adalah Klinik Gigi Estetik Dental YK yang ada di Jl Menteri Supeno No. 122 Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta


Klinik gigi estetik dental YK yogyakartaKlinik gigi estetik dental YK yogyakarta



Dental YK ini punya fasilitas playground yang sangat sangat aku rekomendasikan buat bunda yang mau ngajak anaknya periksa ke dokter gigi. Karena playground nya super lengkap, mainanya bervariatif dan ada baby section juga! Punya buku bacaan yang juga bisa jadi pilihan buat si kecil. Tentunya klinik Dental YK ini sangat bersih dan nyaman banget buat si kecil. 


4.Kenalan sama dokter gigi 

Jangan lupa ajak anak buat kenalan dulu secara perlahan sama dokternya ya! Jangan sampai langsung memaksa anak buat periksa tanpa dia kenal siapa nih yang pegang-pegang dia! 


Thats why penting banget juga buat memilih klinik yang punya dokter spesialis gigi anak ya! hehehe Dental YK tentunya juga punya nih dokter yang memang kompeten di bidangnya! Dokternya juga super ramah banget deh bund. 


Klinik gigi estetik dental YK yogyakarta



Anak aku itu tipe yang gak bisa langsung di deketin, dan dokternya juga sangat kooperatif sabar serta mau pelan pelan kenalan sama Raka hehe ibu nya jadi ikutan happy deh! 


Dental YK ini punya jadwal 

Dokter Resident Spesialis Kedokteran Gigi Anak , yaitu 

Kamis 17.00-21.00 - drg. Anggun Dwi Andini

Jumat dan Sabtu 16.00-21.00 - drg. Veronica Wulandari 

Minggu 09.00-13.00 dengan reservasi


Jadi bunda bisa sesuaikan lagi aja yah sama jadwal anak 


5. Let it flow! 

apapun yang terjadi, biarin aja. Ikutin aja alurnya anak mau gimana, kalau dia udah enjoy bisa lanjutin periksanya sampai kelar. Kalau misal anak rewel di tengah jalan dan sama sekali gak mau di bujuk, its okay bund! Kita coba lagi besok yaaa… intinya jangan sampai deh si anak ini trauma dan gak mau balik lagi. Kita juga harus bisa menghargai perasaan dan keinginan si Kecil ya. 


Nah di kunjungan kali ini tuh Raka dibersihin giginya sama sikat gigi mesin gitu. Terusss, gigi raka saat ini itu ada white spotnya jadi disarankan buat dikasih tooth mouse buat mencegah adanya karies walaupun sebenarnya di gigi raka bagian atas dalem itu udah mulai ada gigis, jadi di kunjungan selanjutnya anak aku disarankan buat melakukan perawatan tambal gigi deh! 


Klinik gigi estetik dental YK yogyakarta


Oh iyaaa, Klinik Gigi Estetik Dental YK ini buka setiap Senin - Sabtu dan hari besar 09.00-21.00, Minggu dengan reservasi. 


Di Klinik Gigi Estetik Dental YK bunda juga bisa kok kalau mau periksa gigi bunda dan paksu hahaha mau pasang behel ataupun perawatan basic lainnya kayak scaling bisa banget. Langsung aja kepoin IG nya di https://www.instagram.com/dental.yk/ yaaa!! 


Klinik gigi estetik dental YK yogyakarta

Oh iyaaa ini juga super seru banget deh! Setelah periksa gigi sama Dokter Wulan di Klinik gigi estetik dental YK yogyakarta, Raka dapet sertifikat dan juga rapor gigi buat anak yang bisa dibawa buat periksa selanjutnya, jadi Dokter bisa catet deh tuh perkembangan gigi anak heheh

Yuk, bunda ayah! Rutin ajak anak buat periksa gigi minimal 6 bulan sekali ya!



You Might Also Like

1 comments ♥

  1. Setuju banget sih soal "let it flow". Kalau anak udah mulai pengen udahan periksa giginya, mending yaudah dicukupkan ajah, daripada nanti jadi trauma dan malah nggak mau lagi 😅 Ngerayunya makin susyaaah bun.

    ReplyDelete