PENGALAMAN DAN BIAYA PERAWATAN NEBULIZER DI RS JIH, YOGYAKARTA

9:08 PM

Salah satu penyakit yang paling sering menyerang bayi atau balita itu tuh biasanya batuk dan juga flu. Dahak yang ada di saluran nafas dan tenggorokan jadi semakin mengganggu karena pada dasarnya kan mereka (bayi sampai balita) belum bisa mengeluarkan dahak sendiri. 


Sedih banget deh pas tahu Raka kemarin itu kena flu dan batuk for the first time. Penyebab awalnya juga sebenarnya kurang paham, tapi menurut aku memang faktor lingkungan. Raka itu jarang keluar rumah selama covid, semenjak mereda ini kami memberanikan diri bawa Raka keluar kota karena ya emang ada urusan juga. Kebetulan ke Ibukota yang udaranya jelas nggak sebersih Jogja ya. Main terus tiap hari excited banget soalnya ketemu nenek kakeknya, faktor capek dan daya tahan tubuh menurun juga bisa jadi faktor akhirnya raka flu dan batuk berdahak. 


BIAYA PERAWATAN NEBULIZER ANAK DI RUMAH SAKIT JOGJA


Pas banget waktu itu masih di luar kota, setelah pulang ke Jogja sekitar 2 hari after flu, Raka belum sembuh juga. Coba dikasih obat, dipijet dan pakai cara tradisional juga belum ada perkembangan. Tanya teman-teman alias bunda bunda disaranin buat Nebu aja soalnya kasihan juga kan tidur gak nyenyak, terus tuh suaranya jadi ikut berubah. Walau sebenarnya selama flu Raka masih aktif banget, masih mau makan tapi ngeliatnya tuh kasian banget sebagai Ibu :( 


Coba ceki ceki harga nebu di Jogja via google ternyata kok ngga ada yah ;”) coba chat beberapa rumah sakit juga gak dibisikin harganya bahkan ada yang gak respon hahaha. Jadilah di postingan blog kali ini tuh aku mau bagiin deh pengalaman Raka melakukan Nebulizer di Rumah Sakit Jogja. 


Di dalam postingan ini, aku mau membagikan pengalaman Nebulizer anak di Rumah Sakit Jogja yaitu Nebulizer di Rumah Sakit JIH, Yogyakarta. Aku juga bakalan spill di akhir sekaligus nota pembayaran, harga perawatan Nebulizer anak di Rumah Sakit JIH, Jogja. 


Sebelumnya, bunda pernah melakukan nebulizer anak belum? Sebenarnya kemarin juga sempat kepo alat Nebu berapa sih? Karena beberapa temen menyarankan Nebu dirumah aja minjem atau beli. Tapi karena belum pernah, takut salah salah juga kan bukan ahli medis ya :( Jadi yaudah memutuskan ke Rumah Sakit aja. 


Kami memutuskan ke Rumah Sakit JIH untuk memeriksakan kondisi Raka saat itu. Kondisinya sudah sekitar 6 hari Flu, dan berdahak. Hari sebelum kerumah sakit, Raka demam tinggi sampai 39 derajat seharian. Besoknya langsung berangkat karena ini pasti juga udah radang. 


BIAYA PERAWATAN NEBULIZER ANAK DI RUMAH SAKIT JOGJA

Kami booked via online dulu, dapat jadwal dokter pagi ke siang dan langsung datang sesuai nomor antrian. Menunggunya cukup lama sih sekitar satu jam, tapi hari itu Raka demamnya sudah turun. Setelah masuk ke ruang periksa Dokter Anak, dokter bilang kalau memang Demamnya karena radang dan dahaknya sudah banyak dan disarankan untuk melakukan Nebulizer saja. 


Waktu itu aku pikir Nebu hanya sekali datang selesai, ternyata perawatan Nebu yang disarankan dokter untuk Raka adalah tiga kali kedatangan dan tiap kasus pasti beda yah bund. 


Saat kedatangan pertama, mulai dari biaya perawatan, biaya dokter, obat yang cukup banyak yah dari antibiotik, obat batuk sampe suplemen ada 4 macam, lalu ada biaya Nebulizer dan biaya beli masker Nebu nya sendiri habis sekitar 600ribuan. (aku share foto pembayarannya di bawah ya) 


Cukup mahal tapi sekelas Rumah Sakit JIH aku rasa cukup worth it yaa. Aku gatau dirumah sakit lain Biaya nebulizer Anak di Rumah Sakit Jogja itu berapa. Mungkin kalau ada yang pernah bisa sharing di kolom komentar ya! 



BIAYA PERAWATAN NEBULIZER ANAK DI RUMAH SAKIT JOGJA


Waktu pertama kali di Nebu, Raka gamau hahaha ya kan baru pertama ya. Akhirnya di iming-imingin nonton video kereta api, jadinya mau duduk anteng. Soalnya memang harus dipakai selama 15-20 menit deh masker Nebu nya. Kalo misal ngga dipakai selama itu obatnya jadi gak meresap sempurna karena kan asapnya akan terus ada sampai obatnya habis. Yasudaaah screentime dulu yah Raka tak apa hehehe 


Setelah selesai, besok dan keesokan lusa nya kami datang untuk Nebulizer kembali. Untuk hari kedua dan ketiga, Raka sudah mau hehehe udah tahu dan paham kalau hari ini tuh Raka mau di Nebu yah…. karet nya pun mau dipasangin sama susternya. Walau tetap sambil nonton video kereta soalnya anak umur segini kan maunya lari lari terus ya bund :( 


Alhamdulillah banget setelah melakukan perawatan Nebulizer yang ketiga, dahaknya tuh bener bener wessss langsung hilang lho. Besoknya dahaknya sama sekali gak ada. Tapi ini juga karena telaten ngasih obat walau penuh drama yaaa!! huhuhu 


Antibiotiknya juga harus habis, untungnya manis tapi obat batuknya tuh agak pahit jadi setiap minum ada aja dramanya. Tapi kami ngerasa puas banget sih, ngga sia sia nebu 3x. Secara pelayanan, JIH memang memberikan pelayanan terbaik, kalau fasilitas untuk perawatan Anak, di bagian perawatan anak ini ada playground buat main, ruangannya juga nyaman warna warni gitu. Tapi memang waktu itu aku dapet dokter anak yang kurang interaktif, kayak harus emaknya yang nanya baru dijawab huhu kurang suka deh sama dokter yang gak ramah gini (gak usah sebut nama deh ya kan lagi gak review dokternya hehe) tapi susternya ramah ramah banget, pelayanan di administrasinya juga ramah. 


BIAYA PERAWATAN NEBULIZER ANAK DI RUMAH SAKIT JOGJA


Aku saranin kalau mau ke pelayanan Anak jam pagi aja yah bund. Pas hari kedua aku salah ambil jam siang huhuhu gilaaa rame banget. Jadi ketemu banyak anak anak lain, mana dibawah 2 tahun kan belum pakai masker yah. Malah jadi makin worry gitu lhoo. Hari ketiganya aku ambil pagi sekitar jam 9 gitu bener bener nyaman karena sepi dan ngga ngantri bisa langsung sat set sat set kelar. 


Oh iyaa… perawatan Nebulizer ini sendiri HARUS atas saran dokter ya. Jadi jika memang ada yang menyarankan untuk Nebu, baiknya ke Dokter Anak dlu saja buat dilihat kondisinya. Jika memang ada yang punya alat nya dirumah monggo, karena biasanya kondisi anak berbeda, ada yang terlalu sering Nebu mungkin daripada ke RS dengan biaya yang cukup mahal dan menguras waktu banyak, Nebu dirumah bisa jadi solusinya.



BIAYA PERAWATAN NEBULIZER ANAK DI RUMAH SAKIT JOGJA
Ini biaya di hari pertama saat periksa ke dokter anak, termasuk biaya obat yang hampir 400ribu. Lalu juga ada biaya pembelian masker nebu nya karena belum punya dan juga biaya adm.


Nah, untuk biaya nebu kedua dan ketiga ini kami hanya membayar biaya Nebulizer, biaya perawat dan administrasi sekitar 80rbuan saja. Jadi sebenarnya kalau di total hampir 1juta yaah lumayan banget buat budget Imunisasi anak. Makanya sehat itu mahal, semoga anak anak kita itu selalu dilindungi dan diberikan kesehatan selalu yaah bund! Amin amin 


BIAYA PERAWATAN NEBULIZER ANAK DI RUMAH SAKIT JOGJA
ini adalah biaya saat perawatan nebu kedua dan ketiga. Hanya membayar perawatan Nebu saja dan juga biaya perawatan lain serta adm.

Semoga sharing mengenai pengalaman melakukan perawatan Nebulizer di Rumah Sakit JIH, Jogja dan juga share tentang biaya perawatan Nebulizer anak di Rumah Sakit Jogja ini bermanfaat buat bunda bunda yang baru pertama kali mengalami hal ini dan bingung banget harus spare budget dan harus ngapain kemana dan lain-lainnya. 


SEHAT SELALU YAAAH BUNDA DAN KELUARGA!! 


You Might Also Like

0 comments ♥