CERITA MENIKAH: BUDGET VENDOR PART 2

6:18 PM

Menikah itu bukan kompetisi. 

Biaya Pernikahan Rustic Outdoor


Aku selalu percaya menikah itu adalah pilihan. Entah cepat atau lambat, semua itu yang bisa ngukur yaa masing-masing orang, karena setiap orang pasti punya standar nya masing-masing. Bagi kamu bisa jadi menikah di umur 25 tahun itu muda, bagi dia bisa jadi menikah di umur 30 tahun itu muda, dan sebagainya. 
Intinya, menikah itu bukan lomba, tidak perlu saingan, siapa yang paling cepat atau siapa yang paling bagus, engga…. kalau kamu sudah punya mindset seperti itu, lebih baik gausah nikah :P 

Soal menikah, kesiapan dan persiapan itu PENTING. Kamu bisa baca artikel soal pendapatku tentang itu disini yaa: CERITA MENIKAH PART 1

Kalau kamu sudah  yaqin tentang pilihanmu soal menikah…. rencana rencana selanjutnya terntu saja HARUS MATANG. Hei tukiyem! Menikah itu bukan sekedar bobo berdua sekamar sama orang yang kamu suka, ini soal lahir dan batin, soal banyak hal yang harus kamu persiapkan, termasuk materi. Iyaaa beb! Terserah apapun pilihanmu, kalau kamu mau kayak Suhay Salim yang menikah di KUA saja sih yaa GAK APA APA, that’s your choice! Tapi… menikah di KUA pun butuh modal, betul apa betul ? 

Nah… jikalau kamu berniat untuk merayakan pernikahanmu…. disinilah tulisanku hadir untuk membantumu…. SUDAH BACA PART 1 NYA BELUM?? 
Kalau belum… baca dulu yuk BUDGET PERNIKAHAN PART 1 yang perlu kamu siapkan itu apa saja disini: BUDGET PERNIKAHAN PART 1 

Kalau sudah baca… mari lanjut yuk ke vendor vendor berikutnya. Butuh duit berapa sih sebenarnya? 

SOUVENIR 


Ini sebenarnya ngga penting penting amat. Mau di adakan boleeh, ngga juga gak apa2. Karena sebagai yang sering dateng ke pernikahan orang, kalau souvenirnya ngga penting-penting amat kayak gantungan kunci misalnya, yaa cuma bakal berakhir di kotak penyimpanan para tamu di rumah mereka saja hehehe. So, kalau memang berniat buat bikin souvenir mungkin bisa pilih souvenir yang “kayaknya” lebih berguna dan di pakai. Atau… buatlah souvenir online saja misal kayak foto 360 derajat gitu… Apapun itu, that’s your choice! 

Biaya Pernikahan Rustic Outdoor



Kalau aku kebetulan karena orangtua memang punya kepentingan untuk memberikan souvenir ke para undangan mereka. ya sudah aku ngikot saja. Souvenir ada dua macam, yang pertama ada handuk yang diserahkan saat siraman dan midodareni. Yang kedua adalah souvenir saat resepsi yaitu taplak dengan bahan rotan. 

Biaya Pernikahan Rustic Outdoor


Budgetnya? Untuk souvenir resepsi satunya sekita 8.000-11.000 , memang agak pricey yaa kalau di banding souvenir yang kecil-kecil. Karena kebutulan undangan kami memang gak banyak, jadi kami memilih untuk order souvenir yang agak besar saja dengan jumlah sedikit. Begitu pula dengan handuk kecil yang cuma kami order sekitar 50pcs saja untuk undangan midodareni dan siraman. 

INVITATION 


NAH….. buat undangan ini sebenarnya aku dan fadyal dari awal sepakat buat bikin VIDEO untuk undangan online saja ke temen temen dekat kami. Tapi karena memang ada undangan orangtua juga, jadinya kami tetap order undangan fisik yang tentu saja aku mau nya yang ala-ala vintage gitu. 

Untuk VIDEO memang kami sudah minta buatkan dengan salah satu vendor dokumentasi kami yaitu Derauvisual. Hasilnya bisa kamu lihat disini yaaa:  VIDEO PREWED 
Hasilnya sebenarnya kami bagi jadi 3 bagian yang kami pisah pisah jadi semacam teaser gitu deh, mungkin perlukah aku upload ke Youtube? :D 


Buat undangan fisik …. sebenarnya aku agak malas nih karena memang zonk banget. Untuk budgetnya adalah 11.500 / undangan. Kebetulan memang mungkin biar ada cerita apes soal menikah yaa… jadi kami seperti salah pilih vendor gitu lhooo…. so, hasilnya memang ngga sesuai banget sama ekspektasi, lama jadinya, terus vendor nya juga ilang ilangan. Saranku sih kalau mau milih vendor undangan ini mending cari nya harus bener bener teliti banget yaaa…. tanya sana sini dulu deh! terus… jaman now menurutku undangan online malah lebih berkesan lho! :D 

GUEST BOOK 


Buat guest book…. buku tamu …. kami memilih untuk tidak memesan sebuah “BUKU” karena apa? karena memang kalau buku nanti biasanya yaaa cuma di simpen aja, terus udah. Kami sengaja cari cari yang kira-kira bisa di pajang dan bisa jadi kenang-kenangan walaupun hari pernikahannya sudah lewat gituu. 

Biaya Pernikahan Rustic Outdoor


Akhirnya kami memutuskan buat memesan di artpress lasercut, yang kebetulan lokasinya di Jakarta. Nah… buat pricelistnya kebetulan aku masih nyimpen nih PL dari mereka, tapi ini harga 2019 yaaah. Aku yakin sih tahun 2020 pasti akan ada beberapa perubahan, so mungkin ini bisa kamu jadikan patokan saja yaaa!



Aku pribadi sih suka sekali sama hasilnya. Walaupun sebenarnya agak meleset dikit dari ekspektasi. karena bayanganku yang ku pesan ngga akan se besar itu, tapi pas datang kok ternyata gede sekali hehehe :P 

ENTERTAINMENT 


Buat sesi hiburan, aku dan fadyal juga sepakat untuk memakai jasa kenalan kami sendiri hehehe. Untuk band yang mengisi juga adalah salah satu teman fadyal di mantan kantornya dulu (udah pindah sekarang wkwk). Kami juga sepakat untuk memilih band yang punya vokalis cewek biar feels nya lebih dapet aja. Ngga tau kenapa biasanya di nikahan-nikahan kalau band penyanyi nya cowok pasti LEBAY dan bikin bising wakakak. Kami juga sepakat untuk memilih wedding song list sendiri dan diberikan ke mereka. Dari band yang perform pun kami request untuk hanya memakai keyboard saja, agar tidak terlalu berisik sehingga tamu menjadi kesusahan untuk ngobrol. Hasilnya… aku cinta deh sama band ini hehehe. 

Budget pernikahan impian


Buat budget, kebetulan kami kemarin dapat harga 1,5juta untuk acara seharian, resepsi pagi dan resepsi sore-malam. 

Budget Pernikahan Impian

Lalu untuk MC, kami juga meminta tolong teman kantor ku :P dan juga teman fadyal yang sekarang malah jadi keluarga hahaha. Untuk harga… karena ini mungkin adalah rezeki menikah yaa… jadi memang kami pure meminta bantuan ke mereka. Suka sekali dan pecah banget acaranya! Tandom an yang OK PERFECT DEH POKOKNYA! 
Kamu yang di JOGJA kalau mau wedding boleh banget deh kontak mereka! 

Nih aku kasih link Instagram mereka yaa! 


FLOWERS 


Untuk bunga…. agak ribet nih karena gatau kenapa aku mau memesan di tempat yang berbeda untuk masing2 jenis bunga yang aku perlukan. 

Budget pernikahan rustic outdoor



Untuk bridesmaid flowers aku pesan di salah satu toko bunga yang ada di KOTABARU , YOGYAKARTA , begitu juga dengan bunga tabur nya! 
Aku pesan 6 bouquet flowers dengan harga masing2 nya adalah 30ribu. Untuk Bunga taburnya satu ember aku pesan dengan harha 50ribu saja. Murah meriah bukan?? 

Untuk Flowers crown, yang aku berikan ke among tamu yaitu sepupuku sendiri dan juga MC serta vokalis band, aku pesan di temanku sendiri, IG nya @sitong.id dengan harga masing-masing bunga nya adalah 35ribu saja untuk fresh flowers. 

Nah… untuk wedding bouquet aku pesan di @weddingidea.id dengan harga 150.000 apa yaaa… antara 150-200rb pokoknya ngga mahal kok menurutku dengan hasil yang memuaskan. Aku juga sengaja memilih bunga matahari yang berbeda dengan lainnya karena biar ada kuning nya aja gituuuu :P 

CINCIN 


Buat cincin pernikahan… kami pesan di @goldwave.rusticing 
Agak galau sebenarnya, cari sana cari sini karena memang aku pengennya cincin nikah yang ngga begitu besar untuk diameternya dan ngga mau yang polos biasa gituu. Sedangkan fadyal pengennya cincin dengan diameter yang cukup besar. 
Kalau beli langsung di toko emas ngga bisa request yaa… sempat dapat tempat yang bisa request tapi modelnya yaudah standart ngga bisa tipis. Akhirnya kami menemukan vendor yang bisa mewujudkan permintaan kami. 

Budget Pernikahan Rustic Outdoor


Di goldwave ini kebetulan memang fadyal yang memesan dari awal sampai akhir karena salah satu yang dijadikan mahar juga. So… untuk harga aku ngga begitu ingat. Kalau ngga salah aku pesan cincin emas, dan fadyal pesan cincin dengan bahan silver. TOTAL BUDGET untuk kedua cincin adalah 4,3juta. 


bisa request dengan harga segitu aku syukaaa sekali !! 
Oh iyaaa untuk tulisan di dalam cincin nya adalah 
“ SUAMINYA NIA “ dan “ ISTRINYA FADYAL “ hehehe :P 

SESERAHAN DAN MAHAR 


Untuk seserahan dan mahar ini kami ngga begitu survei di banyak tempat dan kebetulan memang langsung cocok sama Atelierpriscanara yang lokasinya gak begitu jauh dari kosan fadyal waktu itu. 
Waktu itu pokoknya aku request mau kotak yang kayu hehehe. Simpel aja gak mau ada banyak bunga, kainnya juga simpel, tanpa mutiara! Pokoknya mau simpel deh intinya. 

Budget Pernikahan Rustic Outdoor


Kami dapat harga Paket sewa 10 Tray yaitu 900.000 sudah lengkap dengan wajik dan sejenisnya. Nah… karena ngga cuma seserahan aja, termasuk sama cincin, mas kawin serta angsul-angsul kami pesan 15 tray. TOTAL semuanya kurang lebih untuk sewa adalah sekitar 1,3 juta. 

Kalau untuk isi seserahan ngga perlu di jabarin lah yaaa. hahaha intinya yaa sama kok! Harus lengkap dari atas sampai bawah karena yaa memang syaratnya seperti itu, kalau isinya apa yaa itu tergantung aja sama kamu maunya yang seperti apa dan sanggupnya seperti apa. Gak perlu di banding2in beb! :* 

budget seserahan


WEDDING ORGANIZER 


Ini menurutku yang kadang menurut orang penting… kadang engga. 
Awalnya aku sama fadyal ngga mau pakai Wedding Organizer, karena memang menurut kami ngga perlu perlu amat, dan bisa dong minta bantuan keluarga. Tapi semakin kesini kok rasanya perlu yaa… Karena memang kenyamanan adalah yang utama, kami ngga mau keluarga yang datang malah jadi ribet sendiri dan ngga menikmati acara kami sama sekali. Makanya akhirnya kami memutuskan untuk meminta bantuan Wedding Organizer. 

Kami memilih EMG Wedding Organizer sebagai WO kami. Alasannya karena memang sudah kenal karena dikenalin keluarga kami, setelah ngobrol ngalur ngidul sama Mas Mega ownernya, kami merasa cocok. So…. lanjut deh sampai akhir! 

budget Pernikahan Rustic Outdoor

Budget Pernikahan Rustic Outdoor


Sebenarnya kadang ada yang ragu pakai WO karena harganya mahal. Tapi, biasanya memang WO dengan harga selangit itu sudah sepaket sama catering atau hal hal lainnya. Nah, EMG ini enaknya memang pure hanya sebagai WO saja, so untuk vendor lain memang kami yang menentukan sendiri dan juga dibantu oleh WO untuk komunikasi dan meet up nya juga. 

Untuk budgetnya…. kemarin kami dapat bocoran EMG Wedding Organizer ini membuka harga di angka 8juta. Tapi karena kemarin kami ada beberapa kerjasama (alhamdulillah rezeki pernikahan) so, kami dapat harga spesial di bawah itu. Kalau kamu mau konsultasi dan pensaran sama budgetnya atau misal kamu hanya punya budget sekian… boleh kok coba saja hubungi mereka yaa! Karena EMG ini bener bener mau banget membantu kamu! 

budget Pernikahan Rustic Outdoor




NEXT! 
Aku mau bahas soal WEDDING DRESS 
tapi… karena aku super excited tentang hal ini, aku mau bahas di postingan yang berbeda yaa! 

So…. kalau masih ada yang kurang buat aku bahas bisa komen aja yaa gaes! 
Detail selanjutnya sampai jumpa di BUDGET VENDOR PART 3 !!! :P 



You Might Also Like

0 comments ♥

Instagram Feed