Pentingnya Memperhatikan Tumbuh Kembang Anak

8:34 PM

Semenjak menikah… aku jadi lebih concern sama rencana rencana masa depan terutama rencana yang ada hubungannya sama anak. Sebagai calon orangtua, menurut aku penting banget lhooo buat mempersiapkan segala hal. Bukan cuma materi aja, tapi juga tentang kesiapan diri.

Karena ngga jarang ada kasus dimana anak itu ngga akur sama orangtua, atau si anak ternyata punya masalah mental yang salah satu penyebabnya yaa sebenarnya karena hubungan orang tua dan anak yang kurang baik. Makanya, dari sebelum punya anak, aku semakin rajin buat baca artikel atau hal hal yang berkaitan dengan parenting. Mempersiapkan segala hal secara matang ngga ada salahnya lho! 



Iyaaa memang…. pasti akan selalu ada yang pertama kali dalam hidup. Begitu juga jadi orangtua, pasti yaa itu pengalaman pertama. Ngga ada yang sempurna memang, tapi mempersiapkan segala hal secara matang selagi mampu juga ngga salah kan? hehe 

So… itu kenapa aku sangat sangat excited waktu tahu kalau Jogja Medical Center minggu lalu ngadain Open House. Udah lama sih aku tahu soal Jogja Medical Center ini, apalagi sebelumnya memang pernah main kesini pas Soft Opening. 

Artikel soal Jogja Medical Center bisa kamu baca disini ya: Soft Opening Jogja Medical Center

Jadi aku dan Jogja Medical Center ini bukan baru kenal, tapi udah lama temenan hehehe Nah, kalau kemarin pas main concern ku lebih ke soal perawatan dan kecantikan, kali ini aku lebih fokus ke kesehatan mental. Karena, di Jogja Medical Center ini adalah salah satu klinik yang punya perawatan Tumbuh Kembang Anak. 




Yes…. tumbuh kembang anak itu perlu dan wajib untuk diperhatikan semua orangtua lhoo! Bahkan buat kita yang masih jadi calon orangtua. karena kan kita juga pasti berinteraksi sama anak saudara atau anak temen juga. So, semisalkan ada yang “berbeda” kita bisa tahu sejak dini. 

Banyak banget sebenarnya faktor tumbuh kembang anak… pada usia berapa seharusnya anak bicara, pada usia berapa seharusnya anak berjalan, dan lain sebagainya. Makanya penting banget nih sebagai orangtua untuk paham soal hal itu. Semisalnya ternyata kurang paham atau sudah paham dan anak mungkin telat bicara atau lain hal, Jogja Medical Center ada itu kalian! 



Di Jogja Medical Center ini ada terapis psikologis anak dan dewasa , ada Terapi Wicara untuk anak yang terlambat berbicara, ada Play Therapy atau Terapi bermain yang merupakan metode konseling yang menggunakan play/bermain untuk berkomunikasi dan menolong anak yang mungkin mengalami masalah tertentu. 

Aku pribadi suka sekali sama Play Therapy yang ada di Jogja Medical Center ini. Karena banyak banget manfaat yang bisa didapatkan, seperti :
*Mengembangkan rasa percaya diri anak pada kemampuannya
*Menumbuhkan empati, rasa hormat, dan menghargai orang lain
*Meningkatkan kemampuan untuk mengendalikan diri dan keterampilan sosial
*Belajar untuk mengekspresikan emosi dengan cara yang sehat
*Mengasah kemampuan untuk memecahkan masalah lebih baik
*Melatih anak untuk bertanggung jawab atas perilakunya

Ini penting banget lhoo untuk kesehatan mental anak dan juga orangtua! Yes, jangan lupakan peran kita sebagai orangtua yang juga berpengaruh pada tumbuh kembang anak yaaa… 



Nah, di Open House kemarin juga aku dapat banyak ilmu dari para terapis di Jogja Medical Center tentang tumbuh kembang anak dan hal hal apa aja yang perlu dilakukan orangtua atau kondisi seperti apa yang mengharuskan orangtua membawa anaknya buat periksa ke klinik soal kesehatan mental dan lainnya. 

So, penting banget nih kita sebagai orangtua dan calon orangtua buat paham soal yang begini ini….Nah, kalau masih ragu sebenarnya anak kita ini perlu dibawa ke klinik apa engga ya? Kamu bisa kok datang langsung aja ke Jogja Medical Center buat melakukan check up… nanti dari sana baru deh kita lebih paham langkah selanjutnya harus seperti apa sih. 

Bersama Mba Grace sebagai Play Therapist di Jogja Medical Center


FYI, Jogja Medical Center ini juga punya Klinik Gigi lhooo… so kalau kamu mau periksa gigi atau memeriksakan gigi anak juga bisa kesini… oh iyaaa kemarin aku juga di kasih ilmu gimana sih caranya biar si anak mau ke dokter gigi :D 

Gimanaaa? Gimana? Buat lebih detailnya, kamu bisa cek aja yaa instagram @Jogjamedicalcenter_id , karena disana banyak banget lhoo pembahasan yang menarik soal tumbuh kembang anak!




You Might Also Like

0 comments ♥

Instagram Feed