PENGALAMAN LAHIRAN DI KLINIK INDIRA ( + BIAYA PERSALINANNYA )

10:22 AM

Hai hai …. 

Mengawali 2021 ini, tentunya harus kita mulai dengan doa doa baik yaa. Semoga 2021 lebih baik dari tahun sebelumnya, semoga semua impian yang tertunda di tahun kemarin bisa segera terwujud di tahun ini ya. AMIN AMIN. 


PENGALAMAN LAHIRAN DI KLINIK INDIRA DAN BIAYA PERSALINANNYA



Well di postingan pertama di tahun 2021 ini, aku mau mengawali nya dengan cerita singkat plus review pengalamanku melahirkan di Klinik Indira Yogyakarta. Yes, kalau kamu mengikuti instagramku, sepertinya kamu sudah tahu deh yaa kalau alhamdulillah tanggal 26 November 2020 kemarin, anak pertama kami lahir secara normal di Klinik Indira, Akar Renjananta Baswara. 


Cerita soal lahiran dari awal sampe kesulitan yang aku jalani selama proses lahiran juga sudah lengkap sekali aku ceritakan di postingan instagram ku hehehe kalau kamu belum baca, bisa deh kepoin 3 postingan instagramku berikut ini …. 

Cerita lahiran PART 1 , PART 2 dan PART 3


Intinya, aku bersyukur banget dapat rezeki di penghujung tahun 2020 kemarin yaitu kelahiran putra pertama kami dengan kondisi sehat jasmani dan rohani alhamdulillah. Si ibu alias aku yang melahirkan juga alhamdulillah sehat sampai sekarang bisa menulis postingan ini sambil duduk di depan anak bayi usia satu bulan yang lagi bobo. Heheh iyaa memang susah yaa jadi new mom nih colong colong waktu biar bisa me time, salah satunya yaa cerita di blog. 


Well, kalau ada yang tanya kenapa kok lahirannya di Klinik Indira ? Kenapa ngga di rumah sakit A atau B atau C, dan lain lain sebagainya, sebenarnya ini sudah pernah ku jawab di postingan blog aku sebelumnya tentang REKOMENDASI RUMAH SAKIT DAN DOKTER KANDUNGAN JOGJA ( jangan lupa di klik buat baca reviewnya yah ) Salah satu alasan utama ya tentu saja karena aku udah jatuh cinta sama dokter kandungannya Akar hehehe Dokter Phyo. Nah, kenapa aku memilih dokter phyo sebagai dokter kandungan ku, kamu juga bisa menemukan alasannya di postingan ALASAN KENAPA AKU MEMILIH DOKTER PHYO SEBAGAI DOKTER KANDUNGAN. Salah satu alasan terkuat tentu saja dokter phyo pro normal dan orangya asik sekali. Yuk bund dibaca dulu sebelum lanjut ke review hari ini hehehe 


Kalau kamu pasien dokter phyo atau at least pernah periksa di dokter phyo, pasti paham deh ya kalau Klinik Indira ini memang Klinik Bersalin milik Dokter Phyo. Walaupun sebelumnya dokter phyo juga praktik di RS Sardjito dan RS Sadewa ( ngga tau sekarang masih apa engga ) Tapi, dokter Phyo memang lebih fokus praktik di kliniknya. Nah, klinik Indira ini tepatnya ada di Jalan Kaliurang KM 10 , Jalan Amarta , Sadonoharjo, Ngaglik, yang artinya ngga jauh bund dari rumah hehehe cuma 10 menit ngga sampe deh. Ini alasan kedua kenapa aku memilih yaudah kenapa harus RS A B C kalau ada yang deket dan suka sama dokternya hehehe. 


PENGALAMAN LAHIRAN DI KLINIK INDIRA DAN BIAYA PERSALINANNYA


Sebelum lahiran, pak suami juga udah tanya tanya prosedur lahiran di Klinik Indira dan tentu saja berapa biaya nya. So far, di Klinik Indira selama pandemi ini menetapkan syarat Rapid Test sebelum lahiran untuk si ibu dan pendamping ( pendamping nya cuma boleh satu orang yaa, kecuali sudah ijin terlebih dulu ke pihak klinik dan dokter phyo sendiri ) Nah, buat biaya nya mohon maaf aku cuma punya foto ini aja nih, pas foto di klinik indira nya. 


PENGALAMAN LAHIRAN DI KLINIK INDIRA YOGYAKARTA DAN BIAYA PERSALINANNYA



Biaya nya untuk di Jogja menurut aku memang tergolong terjangkau sekali yaa, kalau mau dibandingkan dengan rumah sakit besar lainnya. Dengan fasilitas yang lengkap dan pelayanan yang OK sih aku ngga ada masalah sama sekali. Terus, karena ini Klinik Bersalin, jadi aku gak perlu deh tuh khawatir bakalan ketemu sama pasien sakit lainnya, apalagi pas masa pandemi seperti ini. So, ini kenapa aku mantap banget mau lahiran di Klinik Indira. 


Sewaktu proses melahirkan, walaupun jam praktiknya hanya siang ke malam tapi UGD dan perawat nya standby 24 jam, waktu itu pak suami telpon sekitar jam 1 an juga ngga lama langsung diangkat dan direspon dengan sigap. Ini poin plus selanjutnya! Sesampainya disana juga perawatnya sigap membantu di ruang UGD, tes Rapid dulu sambil menunggu hasil dan bukaan yang semakin tinggi tentunya. Pas sudah mau masuk bukaan 7, pindah deh ke ruang bersalin yang menurut aku yaa OK kok. I Mean… aku ga pernah masuk ruangan bersalin lainnya ya hahaha tapi sekelas klinik bersalin, ini sangat OK dan nyaman aja. Ngga besar dan ngga begitu kecil juga. 


Selama proses melahirkan juga perawat dan dokter phyo selalu kasih afirmasi positif yang bikin aku tetap semangat mengejan buat cepet cepet ketemu sama dedek bayi deh. Sebelum melakukan tindakan medis juga dokter phyo selalu ngasih penjelasan singkat dulu ke suami yang waktu itu ikut menemani. Jadi ngga asal asalan gitu lhoo! 


Saat proses melahirkan, sampai setelahnya juga sangat kondusif. Dedek bayi langsung dibersihkan dan bisa langsung melakukan proses IMD dengan lancar selama kurang lebih dua jam. Setelah itu dedek bayi di periksa oleh dokter anak, setelah selesai semua prosesnya, langsung deh masuk ke ruang rawat inap dan tentunya rawat gabung yaa! Ini penting banget dan jadi poin plus selanjutnya yaa bund. 


Waktu itu aku pilih ruangan VIP ya, sementara ini ada dua jenis ruangan di Klinik Indira, VIP dan Kelas 1. Tapi maafin, namanya ibu baru melahirkan yang masih hectic ini lupa banget foto ruangannya huhuhu. Tapi so far menurut aku ruangannya OK banget, tempat tidur nyaman, ada sofa dan TV juga. Ada kulkas , lemari, kamar mandi dalam dan fasilitas fasilitas penunjang lainnya. 


Nah, setelah selesai masuk ruang rawat inap, aku juga sempat diajarkan sama perawat bagaimana proses menyusui yang benar. Walau masih struggling sampai puting lecet lecet yaa hehehe ini dibahas next post aja kayaknya! Tapi perawat di Klinik Indira ini sangat kooperatif sekali, dan helpful deh pokoknya! 


Setelah kurang lebih dua hari, akhirnya aku dan dedek bayi sudah boleh pulang nih! Yeaay! Alhamdulillah semuanya sehat dan lancar. Intinya aku happy banget bisa lahiran di Klinik Indira. Pengalaman melahirkan yang bahagia yaa! 


berikut aku rekap poin apa saja yang bisa kamu dapatkan jika mau lahiran di Klinik Indira yaa! 

  • Klinik Indira ini adalah klinik bersalin, so kamu gak perlu takut bakalan ketemu pasien lain (apalagi pas pandemi gini ya) 
  • Setiap persalinan langsung ditangani oleh Dokter Phyo dan dibantu dengan perawat yang stand by 24 jam 
  • Setelah persalinan dedek bayi akan di periksa langsung sama dokter anak yang juga praktik di Klinik Indira 
  • Klinik Indira punya dua ruangan rawat inap yang bisa kamu pilih, VIP dan Kelas 1 
  • So far klinik Indira punya 2 kamar VIP dan 4 kelas 1, tapi kamu gak perlu booking dulu kok sebelum lahiran. Karena yang lahiran disini biasanya normal , jadi ruangan pasti selalu availble
  • Prosedur lahiran disini selama pandemi diwajibkan Rapid Test , begitu juga dengan periksa kandungan di Klinik Indira diwajibkan Rapid Test dulu. 
  • Berapa BIAYA TOTAL sewaktu aku lahiran di Klinik Indira? Aku lampirkan fotonya di bawah ini yaaa…. kalau biaya inti nya ada diatas, jadi untuk total biaya bisa mengikuti setiap proses persalinan yang berbeda beda. 
PENGALAMAN LAHIRAN DI KLINIK INDIRA JOGJA DAN BIAYA PERSALINANNYA



Oh iyaa... setelah melahirkan dan selang 7 hari, Akar akhirnya periksa lagi nih ke dokter anak yang ada di Klinik Indira dan waktu di periksa ternyata kadar bilirubinnya tinggi, waktu itu sampai 19,5 yang seharusnya batas normal di angka 17. Akhirnya mau ngga mau aku dan suami langsung ambil tindakan fototerapi buat Akar di Rumah Sakit JIH Yogyakarta. 


Well, cerita lengkapnya nanti mau aku ceritakan di postingan selanjutnya yaa!! 


Terimakasih bunda bunda yang sudah mampir ke postingan aku kali ini, semoga bisa membantu menjawab kegalauan bunda yang mau melahirkan di klinik Indira yaa! 


PENGALAMAN LAHIRAN DI KLINIK INDIRA DAN BIAYA PERSALINANNYA



You Might Also Like

0 comments ♥

Instagram Feed